Kenapa Pemain Ganda Dicerai?

Alfa Mandalika    •    13 Desember 2017 11:53 WIB
bulu tangkis
Kenapa Pemain Ganda Dicerai?
Praveen Jordan dan Debby Susanto. (Foto: AFP/Jung Yeon-Je)

Jakarta: Kebersamaan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto akan berakhir. Keduanya berganti pasangan mulai tahun depan. Praveen bersama Melati Daeva Oktavianti, sedangkan Debby digandeng Ricky Karanda Suwardi.

Sebelum berganti pasangan, Praveen/Debby akan melakoni turnamen Dubai World Super Series Finals (DWSSF). Mereka mengaku enjot melakoni pertandingan terakhir sebagai rekan di lapangan.

“Nggak ada beban kok walaupun ini pertandingan terakhir bersama Ucok (Praveen). Di turnamen penutup tahun ini, kamu mau dapat hasil yang bagus,” kata Debby seperti dilansir Badmintonindonesia.org, Rabu 13 Desember 2017.

“Mudah-mudahan kami bisa memanfaatkan kesempatan akhir tahun ini dengan baik,” tambah Debby.

Baca: Asa Praveen/Debby Sebelum Dicerai


Menyoal pergantian pemain ganda di bulu tangkis, itu adalah hal yang wajar. Hal itu diungkapkan oleh mantan pebulu tangkis Indonesia spesialis nomor ganda, Christian Hadinata.

Menurut pria yang karib disapa Koh Chris itu, pelatih pasti sudah punya penilaian sebelum memisahkan pemain ganda. Setidaknya, ada dua hal yang memengaruhi pelatih mengambil keputusan tersebut.

Baca: Tontowi/Liliyana Siap Capek di Dubai World Super Series Finals


"Pemisahan pemain ganda itu hal yang wajar. Pelatih pasti punya penilaian sendiri mengenai pemisahan pemain ganda. Ada dua hal yang menjadi pertimbangan pelatih. Yang pertama tujuannya adalah untuk memperbaiki prestasi atlet. Prestasi Praveen/Debby kan belakangan ini menurun," ujar Christian kepada Medcom.id, Rabu 13 Desember 2017.

"Yang kedua tujuannya adalah mencari alternatif lain. Pelatih sudah memantu pemain mana yang kira-kira cocok. Salah satu yang menjadi pantauan khusus adalah gaya bermain sang pemain," sambungnya.

Christian juga berpesan kepada Praveen/Debby untuk tidak terbeban dengan pergantian pasangan. "Justru harus jadi motivasi untuk tetap memberikan yang terbaik. Ganti partner jangan dijadikan beban," tutur Christian.

Video: Hasil Undian Grup Dubai World Superseries Finals 2017


(ASM)