Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2016

Indonesia Finis Kelima Serta Bawa Pulang Perak dan Perunggu

Rendy Renuki H    •    14 November 2016 06:16 WIB
bulu tangkis
Indonesia Finis Kelima Serta Bawa Pulang Perak dan Perunggu
Pemain tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo (kiri) (Dok. PBSI)

Metrotvnews.com, Bilbao: Indonesia memastikan diri finis di urutan kelima nomor beregu serta membawa pulang medali perak dan perunggul di nomor individu pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior (WJC) 2016.

Perak berhasil disumbangkan oleh Chico Aura Dwi Wardoyo di nomor tunggal putra. Chico dipaksa mengakui keunggulan Sun Feixiang asal Tiongkok 19-21 dan 12-21 di final pada Minggu 13 November waktu setempat. 

Sementara medali perunggu dipersembahkan oleh ganda putri lewat pasangan Jauza Fadhila Sugiarto/Yulfira Barkah. Mereka berhasil menembus semifinal sebelum akhirnya kandas ditangan pasangan Jepang Sayaka Hobara/Nami Matsuyama dengan 14-21 dan 13-21, Sabtu 12 November waktu setempat.

(Baca: Tunggal Putra Indonesia Rebut Gelar Juara di Malaysia)

“Ini hasil terbaik yang bisa kami dapatkan, kami mengapresiasi semua perjuangan anak-anak di sini. Yang patut kita syukuri, kita bisa berjuang sampai hari terakhir. Meskipun memang hasil hari ini kurang menggembirakan, tapi dari permainan, Chico sudah berusaha untuk mengeluarkan kemampuan sebaik-baiknya. Hanya memang lawan lebih baik dan lebih matang untuk seusia dia,” ujar manajer tim, Fung Permadi. 

“Hasil di sepanjang turnamen ini nanti akan kita evaluasi dan bawa ke PP PBSI, agar di tahun-tahun yang akan datang kita bisa berprestasi di level junior ini,” sambungnya. 

Mengenai Kejuaraan Junior tahun depan yang akan digelar di tanah air, Fung menuturkan baru akan melakukan persiapan usai Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang akan digelar bulan depan.

“Untuk tahun depan, ada beberapa pemain yang masih bisa ikut memperkuat tim, saya sudah berdiskusi dengan Pak Achmad Budiharto selaku CDM (Chef de Mission) dan bila Tuhan berkenan, segera setelah Kejurnas baru kita akan bersiap untuk Kejuaraan Asia Junior dahulu sebelum nantinya persiapan untuk Kejuaraan Dunia Junior,” beber Fung.

Atas hasil ini, Indonesia berada di posisi kelima, sementara posisi teratas berhasil diraih Tiongkok dengan lima emas, dua perak dan satu perunggu. Disusul Jepang yang mengumpulkan satu emas dan dua perunggu.

Serta Thailand dan Korea Selatan yang meraih satu perak dan tiga perunggu, diikuti Malaysia dengan satu perak dan dua perunggu. (Badmintonindonesia.org)

Video: Kejuaraan MTB 2016 Diikuti 300 Peserta
 


(REN)