Thailand Masters 2018

Empat Ganda Campuran Indonesia Melaju ke Putaran Kedua

Krisna Octavianus    •    09 Januari 2018 23:11 WIB
bulu tangkis
Empat Ganda Campuran Indonesia Melaju ke Putaran Kedua
Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Foto: PBSI)

Bangkok: Sebanyak empat wakil ganda campuran Indonesia berhasil mengamankan tempat di babak kedua turnamen Thailand Masters 2018 yang kini tengah berlangsung di Bangkok.

Pasangan yang pertama lolos adalah Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow yang berhasil mengalahkan Tam Chun Hei/Poon Lok Yan (Hong Kong), dengan skor 21-18, 21-13.

Langkah Akbar/Winny diikuti oleh juara Asia Junior Championships 2017, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang menyingkirkan pasangan gado-gado, Mohamad Arif Abdul Latif/Rusydina Antardayu Riodingin (Malaysia/Indonesia), dengan skor 16-21, 21-11, 21-13.

Pada game pertama, Fadia mengatakan dirinya dan Rehan memang ‘kecolongan start’, di mana Arief/Rusydina lebih dulu mengontrol jalannya permainan.

"Sebenarnya kami hanya bermain nothing to lose saja, kami juga tidak mau mengulangi kesalahan di game pertama, di mana kami kalah start. Di game kedua kami langsung ‘in’ ke pertandingan, lawan jadinya banyak melakukan kesalahan sendiri,” ujar Fadia yang dihubungi dari Jakarta.

"Ini adalah pertandingan level 5 pertama buat kami, lawan-lawan kami banyak yang lebih senior. Jadi, kami merasa harus main lepas saja. Pelatih (Nova Widianto) tidak memberi target di turnamen ini, tetapi pelatih bilang kalau bisa juara sekarang, mengapa harus menunggu nanti-nanti?” ujar Fadia kepada Badmintonindonesia.org.

Di babak kedua, Rehan/Fadia akan berjumpa dengan rekan pelatnas mereka, Akbar/Winny. Menanggapi pertemuan ini, Rehan/Fadia mengaku siap.

"Yang penting kami harus siap capek, dan harus ‘in’ terlebih dahulu di lapangan. Ini adalah pertemuan pertama kami di pertandingan resmi, biasanya hanya ketemu di latihan saja," sebut Fadia.

Sementara itu, dua pasangan ganda campuran juga lolos ke babak kedua. Mereka adalah Yantoni Edi Saputra/Marsheilla Gischa Islami serta Ronald Alexander/Mychelle Crhystine Bandaso.

Di babak kedua, Yantoni/Gischa bakal ditantang oleh pasangan peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016 asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Pada hari pertama penyelenggaraan Thailand Masters 2018, baru laga kualifikasi yang dimainkan, serta babak pertama sektor ganda campuran. Sedangkan sektor lain baru akan dimainkan pada Rabu 10 Januari. Dua pemain tunggal putra, Dionysius Hayom Rumbaka dan Fikri Ihsandi Hadmadi berhasil melaju ke babak utama usai memenangi laga kualifikasi. 

 


(KRS)