Vietnam Open Grand Prix 2017

Pebulu Tangkis Indonesia Hanya Rebut Dua Gelar di Vietnam

Kautsar Halim    •    10 September 2017 22:33 WIB
bulu tangkis
Pebulu Tangkis Indonesia Hanya Rebut Dua Gelar di Vietnam
Alfian Eko Prasetya yang berpasangan dengan Melati Daeva Oktavianti. (Foto: Humas PBSI)

Metrotvnews.com, Ho Chi Minh: Tim bulu tangkis Indonesia hanya mampu menyumbang dua gelar juara di ajang Vietnam Open Grand Prix 2017. Prestasi itu didapat setelah wakil Indonesia mendominasi partai final di venue Nguyen Du Cultural Sports Club, Minggu 10 September.

Indonesia meloloskan wakil paling banyak pada partai final. Mereka semua adalah  Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran), Riky Widianto/Masita Mahmudin (ganda campuran), Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf (ganda putra), dan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta (ganda putri).

Gelar ganda campuran sudah dipastikan milik Indonesia karena partai finalnya mempertandingkan sesama pasangan Indonesia, yakni Alfian/Melati kontra Riky/Masita. Meski begitu mereka sempat bertanding selama 35 menit untuk menentukan Alfian/Melati yang keluar sebagai juara.


Klik: Della/Rizki Gagal Sumbang Gelar Ganda Putri di Vietnam


Pertandingan sengit terjadi saat Wahyu/Ade menghadapi Liao Min Chun/Su Cheng Heng pada final ganda putra. Meski harus tertinggal lebih dulu pada game pertama, Wahyu/Ade mampu bangkit dan menaklukkan wakil Taiwan tersebut dengan skor ketat, 12-21, 21-16, dan 23-21.

Satu-satunya wakil Indonesia yang gagal menyumbang gelar hanya Della/Rizki yang tampil di final ganda putri. Mereka harus pulang dengan status sebagai runner up setelah dikalahkan wakil Thailand, Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong.

Kendati hanya membawa pulang dua gelar, hasil ini tergolong tren positif bagi para pebulu tangkis Indonesia. Pasalnya, para pemain yang lolos ke final merupakan pasangan baru.
 

Klik: Sempat Terjatuh, Marc Marquez Tetap Tercepat saat Pemanasan


Sementara itu, Vietnam yang berstatus sebagai tuan rumah malah gagal merebut gelar juara. Tren negatif itu terjadi karena Vu Thi Trang yang merupakan satu-satunya wakil Vietnam ditaklukkan dengan mudah oleh Sayaka Takahashi asal Jepang pada final tunggal putri.  

Berikut hasil lengkap final Vietnam Open Grand Prix 2017:

Tunggal Putra
Khosit Phetpradab (Thailand)
    vs      21-15, 21-19
Suppanyu Avihingsanon (Thailand)

Tunggal Putri
Sayaka Takahashi (Jepang)
    vs     21-9, 21-14
Vu Thi Trang (Vietnam)

Ganda Putri
Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong (Thailand)     
    vs     21-16, 21-19
Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta (Indonesia)

Ganda Putra
Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso (Indonesia)
    vs      12-21, 21-16, 23-21
Liao Min Chun/Su Cheng Heng (Taiwan)

Ganda Campuran
Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia)     
     vs     21-14, 21-14
Riky Widianto/Masita Mahmudin (Indonesia)


 


(KAU)