Thomas-Uber Cup 2018

Bentrok Ramadan, Atlet Thomas-Uber Diberi Kebebasan soal Puasa

Patrick Pinaria    •    16 Mei 2018 21:04 WIB
bulu tangkisthomas uber cup
Bentrok Ramadan, Atlet Thomas-Uber Diberi Kebebasan soal Puasa
Atlet Indonesia yang akan tampil di Thomas-Uber Cup 2018 (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta: Para atlet Indonesia punya tantangan cukup berat saat tampil di Thomas dan Uber Cup 2018. Mereka akan ditantang soal ketahanan fisik, terutama bagi atlet yang menganut agama Islam. Sebab, mereka harus menjalani ibadah puasa lantaran turnamen tersebut digelar pada bulan Ramadan.

Thomas dan Uber Cup 2018 akan berlangsung pada 20 Mei hingga 27 Mei di Bangkok, Thailand. Tim Uber Indonesia akan menjalani laga perdana pada 20 Mei. Sedangkan laga pertama Tim Thomas Indonesia jatuh pada 21 Mei.

Ketua kontingen (Chief de Mission) Indonesia Achmad Budiharto tidak ingin banyak mencampuri soal keputusan atletnya untuk menjalani ibadah puasa. Ia pun hanya bisa menyerahkan keputusan pada para atlet dan pelatih mereka.
 

Baca: Kontingen Piala Thomas dan Uber Indonesia Bertolak ke Bangkok


"Satu hal yang perlu dipahami, pemain itu sangat bertanggung jawab atas penugasannya. Dan pemain yang paling tahu kesiapan fisik dan mental," ujar Budiharto.

"Keputusan puasa atau tidak diserahkan kepada masing-masing setelah berkonsultasi dengan pelatih. Secara normatif, kita tahu orang puasa pasti kondisi fisiknya menurun," lanjutnya.
 

Baca juga: Menpora Pastikan Pengamanan Asian Games- Paragames Berstandar Internasional


Sementara itu, pelatih ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi juga memberikan kebebasan untuk para atlet mengenai ibadah puasa. Bahkan, ia tidak akan mempermasalahkan jika ada atlet yang tidak berpuasa.

"Tidak ada perlakuan khusus. Namanya juga ini tugas negara, pemain juga sudah mengertilah, karena ini juga penting, jadi tetap latihan seperti biasa," kata Herry.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Siman Optimistis Sumbang Medali di Asian Games



(ACF)