Audisi Beasiswa Bulu Tangkis

PB Djarum Blusukan ke 8 Kota Cari Bibit Muda Bulu Tangkis

Rendy Renuki H    •    06 Maret 2017 17:24 WIB
bulu tangkis
PB Djarum Blusukan ke 8 Kota Cari Bibit Muda Bulu Tangkis
Jumpa pers PB Djarum di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (6/3/2017).(Foto: MTVN/Rendy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Klub PB Djarum berencana menggelar audisi umum beasiswa bulu tangkis 2017. Tim yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah itu bahkan akan blusukan ke delapan kota untuk mencari bibit-bibit muda.

Rencananya, PB Djarum blusukan ke Pekanbaru, Manado, Cirebon, Solo, Purwokerto, Surabaya dan Kudus. Dipilihnya kota tersebut karena dianggap memiliki potensi melahirkan bibit berbakat.

"Diharapkan masing masing kota audisi dapat dijangkau dan diikuti oleh atlet-atlet muda di kota lain sekitarnya," tutur Program Manajer Bakti Olahraga Djarum Foundation Budi Darmawan pada jumpa pers di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin Maret 2017.

Baca juga: Menanti Kiprah Kontingen Merah Putih di All England

PB Djarum sendiri akan menggelar audisi kategori usia 11 dan 13 tahun di delapan kota tersebut. Maklum, hingga kini belum ada atlet Indonesia yang meraih gelar tertinggi di kategori usia maksimal 18 tahun. 

Manajer tim Djarum Kudus, Fung Permadi menjelaskan, untuk membentuk atlet mumpuni dibutuhkan waktu sekitar tujuh hingga delapan tahun. Pasalnya, bukan hal mudah menemukan bibit-bibit handal dan mencetak pemain yang mempunyai skill dan mental juara. 

"Contohnya seperti Kevin Sandjaya, yang masuk PB Djarum pada 2006 lalu. Ia membutuhkan waktu selama 10 tahun untuk menjadi seperti sekarang. Menjadi andalan Indonesia di kelas junior dan telah berhasil menjadi juara superseries tahun lalu," ujar Fung Permadi.

Fung menambahkan, pihaknya tidak hanya mencari bibit atlet dengan bakat dan potensi yang baik. Namun juga memiliki mentalitas yang kuat untuk menjadi juara demi regenerasi dan meneruskan tradisi juara yang selama ini diukur PB Djarum. 

Baca juga: PBSI Menargetkan Bisa Pertahankan Satu Gelar di Ajang All England

"Kami mencari atlet yang mampu menjadi penerus tongkat estafet tradisi juara untuk PB Djarum dan juga bangsa Indonesia. Kriteria utamanya, mereka harus memiliki daya juang tinggi serta memiliki mentalitas juara," sambungnya. 

Guna memastikan kualitas terbaik, dalam audisi nanti akan disertakan tim pencari bakat yang dipimpin legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata serta sejumlah legenda lainnya seperti Liem Swie Kim, Haryanto Arbi, Sigit Budiarto dan yang lainnya. 

Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2017 dapat diikuti oleh atlet putra dan putri warga negara Indonesia dengan kategori U-11 (berusia 6-10 tahun atau kelahiran 2007-2011) dan U-13 (untuk peserta dengan umur 11-12 kelahiran tahun 2005 dan 2006). Audisi akan digelar dalam bentuk kompetisi dengan sistem gugur.

Video: Divisi Merah Juara IBL All Star 2017
 


(RIZ)