Dubai World Super Series Finals (DWSSF) 2017

Tekuk Chong Wei, Viktor Axelsen Pertahankan Gelar DWSSF

Kautsar Halim    •    17 Desember 2017 23:15 WIB
bulu tangkis
Tekuk Chong Wei, Viktor Axelsen Pertahankan Gelar DWSSF
Pebulu tangkis tunggal putra Denmark, Lee Chong Wei. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Dubai: Pertarungan sengit nan dramatis tersaji pada final tunggal putra Dubai World Super Series Finals (DWSSF) 2017, Minggu 17 Desember. Viktor Axelsen yang berstatus sebagai pebulu tangkis ranking satu dunia, ditantang oleh Lee Chong Wei dalam laga tersebut.

Saking sengitnya perlawanan yang ditunjukkan kedua pemain, laga terpaksa dimainkan sebanyak tiga game dan berdurasi hingga 1 jam 24 menit. Beruntungnya, Axelsen berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor, 19-21, 21-19, dan 21-15.

Chong Wei yang merupakan salah satu legenda bulu tangkis dunia berhasil unggul lebih dulu dengan memenangkan game pertama. Namun jalannya pertandingan saat itu sudah ketat karena raihan poin kedua pemain hanya berselisih tipis.


Klik: Pujian Mengalir kepada Justin Rose usai Raih Trofi Juara


Tidak jauh berbeda dengan game pertama, ritme pertandingan pada game kedua juga berlangsung alot dan ketat. Hanya saja kali ini, Axelsen bisa keluar sebagai pemenang karena ia tampil lebih konsisten ketika memasuki poin-poin akhir.  

Performa Chong Wei baru terlihat menurun ketika memainkan game ketiga. Situasi itu langsung dimanfaatkan Axelsen dengan membuat jarak perolehan poin sejak kedudukan menginjak 4-4. Sejak saat itu, Chong Wei selalu gagal menyalip poin dan Axelsen pun bisa lebih mudah untuk menutup laga.


Klik: Bungkam Wakil Tiongkok, Marcus/Kevin Juara DWSSF 2017


Dengan kemenangan ini, artinya Axelsen sudah menjuarai DWSSF sebanyak dua kali berturut-turut. Tahun lalu, ia juga keluar sebagai pemenang setelah menaklukkan wakil Tiongkok, Tian Houwei,  pada fase final, 21-14, 6-21, dan 21-17. 

Prestasi DWSSF pada musim ini makin istimewa karena lawan Axelsen di final adalah Chong Wei yang merupakan tunggal putra legendaris dunia. Jika Axelsen baru menang dua kali, pebulu tangkis asal Malaysia itu malah sudah pernah menjadi juara sebanyak empat kali.




(KAU)