Persiapan Malaysia Menuju Piala Thomas 2018

Lee Chong Wei Ajak Zulfadli Bergabung dengan BAM

Kautsar Halim    •    01 Januari 2018 15:56 WIB
bulu tangkis
Lee Chong Wei Ajak Zulfadli Bergabung dengan BAM
Pebulutangkis tunggal putra Malaysia Leopard Zulfadli Zulkifli mengembalikan bola kearah lawan pebulutangkis tunggal putra Vietnam Nguyen Hoang Nam pada babak penyisihan Kejuaraan Axiata Cup 2012 di Jakarta. (FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari)

Kuala Lumpur: Lee Chong Wei mengajak juniornya, Zulfadli Zulkifli, untuk berlatih bersama Asosiasi Badminton Malaysia (BAM). Itu ia katakan agar Zulfadli bisa terpilih membela Malaysia di Kejuaraan Badminton Beregu Asia yang bakal berlangsung di Alor Setar, Kedah pada Februari mendatang.

Zulfadli merupakan salah satu pebulu tangkis tunggal putra berpotensi di Malaysia. Prestasinya yang paling membanggakan adalah menjadi juara dunia badminton junior serta menjadi yang terbaik di ajang Kejuaraan Badminton Asia. Namun saat ini, Zulfadli malah dikabarkan sedang berlatih di luar negeri.

Chong Wei yang merupakan mantan pebulu tangkis terbaik dunia tidak menampik kehebatan Zulfadli. Ia bahkan antusias apabila Zulfadli bisa berada satu tim bersamanya untuk membela Kejuaraan Badminton Beregu Asia yang dijadikan fase kualifikasi Piala Thomas 2018.


Klik: Goh/Tan Kembali Perkuat Malaysia pada Musim 2018


Tetapi, Chong Wei tidak bisa menerima begitu saja apabila Zulfadli tidak ikut berlatih bersama BAM atau pelatnas-nya Malaysia. Sebab, dalam sesi latihan itu akan digelar juga proses seleksi  pemain untuk ajang Kejuaraan Badminton Beregu Asia dan Piala Thomas.

"Saya telah berbicara dengan kepala pelatih tunggal putra, Misbun Sidek. Jika Zulfadli mau membela Malaysia di kejuaraan nanti, maka dia harus berlatih bersama BAM," ujar Chong Wei.

"Dia harus tetap melewati berbagai proses seleksi yang dilakukan calon anggota tim lainnya. Seleksi harus berlangsung adil bagi semua pemain. Jadi, BAM dan pelatih lebih tertarik Zulfadli bergabung di sini," tambahnya. 

"Saya juga mau mengklarifikasi bahwa tidak ada yang memaksa Zulfadli untuk bergabung dengan BAM secara permanen. Ini hanya tentang bagaimana mempersiapkan tim untuk mengarungi fase kualifikasi dan ajang Piala Thomas itu sendiri," lanjutnya pemilik gelar Super Series Finals empat kali tersebut.
 

Klik: Viktor Axelsen Ramaikan Malaysian Master 2018


Zulfadli memang sedang bertengger di ranking 44 dunia. Tetapi dia merupakan petenis terbaik ketiga atau berada tepat di bawah Chong Wei dalam klasemen pebulu tangkis tunggal putra  Malaysia. Menanggapi itu, Chong Wei beranggapan status ranking tidak terlalu berpengaruh dalam ajang beregu.

"Ini adalah event beregu. Jadi sangat penting untuk memilih pemain yang tepat agar Malaysia bisa melangkah ke fase selanjutnya," tutup Chong Wei.


(KAU)