Ini Rute Kirab Owi/Butet Saat Peringatan Haornas 2016

Amaluddin    •    05 September 2016 18:48 WIB
bulu tangkis
Ini Rute Kirab Owi/Butet Saat Peringatan Haornas 2016
Owi/Butet akan diarak saat peringatan Haornas di Surabaya 9 September 2016 nanti (Foto: MTVN)

Metrotvnews.com, Surabaya: Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 di Brasil dijadwalkan hadir pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat nasional yang dipusatkan di Stadion Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Jumat 9 September 2016 mendatang.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot Dewa Broto, mengatakan sebelum mengikuti upacara di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, kedua atlet yang meraih medali emas nomor ganda campuran cabang bulu tangkis itu terlebih dahulu akan diarak dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya menuju Gedung Negara Grahadi, di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya. 

Kata Gatot, rombongan konvoi nantinya akan melalui sejumlah rute mulai dari jalan Raya Juanda, Brigjen Katamso, Ahmad Yani, Raya Darmo, Basuki Rahmat dan finish di Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Surabaya. 

"Sesampai di Gedung Grahadi, rombongan Tontowi/Liliyana akan ditemui dan disambut langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo," kata Gatot, di Kantor Dispora Jatim, Surabaya, Senin (5/9/2016).

Selain Tontowi/Lilyana, kata Gatot, sejumlah atlet lainnya juga ikut dalam rombongan tersebut. Di antaranya Eko Yuli dan Sri Wahyuni (peraih medali perak cabor angkat besi), Rio Haryanto dan sejumlah atlet Olimpiade lainnya. Nantinya, mereka akan diarak menggunakan bus terbuka yang di dalamnya ada Menpora Imam Nahrawi. 

"Sebenarnya konvoi itu nanti tidak jauh berbeda dengan konvoi di Jakarta. Tujuannya ingin memperkenalkan duta-duta olahraga Indonesia yang sukses di Olimpiade Brasil kepada masyarakat," katanya.

Setelah bertemu Gubernur Jatim, lanjut Gatot, pasangan ganda yang akrab disapa Owi/Butet ini bersama rombongan akan diarak kembali dari Gedung Grahadi menuju Gelora Delta, Sidoarjo. Mereka akan melintasi Jalan Gubernur Suryo, Panglima Sudirman, Raya Darmo, Ahmad Yani, Katamso (Waru), Ahmad Yani, Gajah Mada alun-alun menuju Gelora Delta, Sidoarjo.

Beberapa kegiatan sebelum puncak Haornas yakni akan ada beberapa rangkaian pertandingan sepak bola mulai dari U-12, U-14, U-16 hingga mahasiswa dan final akan dilangsungkan di Stadion Sidoarjo. Pada peringatan Haornas kali ini, ia ingin mengajak masyarakat bagaimana cara berolahraga dengan baik, sehingga sehat dan produktif.


(RIZ)