Debby Susanto Pensiun

Gregorius Gelino    •    24 Januari 2019 00:17 WIB
bulu tangkis
Debby Susanto Pensiun
Debby Susanto (badmintonindonesia.org)

Debby Susanto memutuskan pensiun setelah berkarier selama 17 tahun di bulu tangkis.

Jakarta
: Pebulu tangkis Indonesia, Debby Susanto, memutuskan pensiun dari dunia yang membesarkan namanya. Ia memutuskan gantung raket setelah berkarier selama 17 tahun di bulu tangkis.

Pebulu tangkis 29 tahun itu berkecimpung di nomor ganda campuran. Di pelatnas, ia berpasangan dengan Praveen Jordan dan mencapai peringkat tertinggi nomor dua dunia.

Namun di kompetisi Indonesia Masters 2019, Debby dipasangkan dengan Ronald Alexander. Sayangnya Debby gagal mendapat kado perpisahan yang manis karena takluk dari pasangan Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich, di babak pertama, Selasa, 22 Januari, lalu.

"Dalam perjalanan selama 17 tahun banyak suka, duka, perjuangan, keringat, dan air mata. Saat itu saya hanya berfokus pada bulu tangkis, bahkan mengesampingkan keluarga dan teman-teman saya. Tapi semua hal di dunia ini semua ada waktunya termasuk waktu saya untuk berkarir di bulu tangkis. Dan sekarang saatnya saya melepaskan genggaman raket yang selalu saya pegang erat, melepaskan pegangan raket yang telah membawa saya pada titik saya saat ini," tulis Debby di akun instagram-nya.

Debby menjadi atlet bulu tangkis Indonesia kedua yang memutuskan pensiun tahun ini. Sebelumnya Liliyana Natsir juga memutuskan pensiun usai Indonesia Master 2019.

Selama 17 tahun berkarier, Debby sudah merasakan berbagai penghargaan. Di antaranya medali emas All England 2016 di nomor ganda campuran, medali emas SEA Games 2015 di nomor ganda campuran, perunggu Asian Games 2014 di nomor ganda campuran, medali emas SEA Games 2013, dan medali perunggu SEA Games 2011 di nomor ganda campuran.

Video: Indonesia Masters 2019 Jadi Daya Tarik Masyarakat