Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior

Pebulutangkis Belanda Ini Mengaku Serasa Pulang ke Rumah Sendiri

Ahmad Mustaqim    •    16 Oktober 2017 23:01 WIB
bulu tangkiskejuaraan dunia bulu tangkis
Pebulutangkis Belanda Ini Mengaku Serasa Pulang ke Rumah Sendiri
Alyssa Tirtosentono-MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ajang kejuaraan bulu tangkis junior dunia atau BWF World Junior Championship 2017 hampir memasuki babak akhir. Tiongkok memastikan juara di kategori beregu yang berlangsung 9-14 Oktober 2017. Sementara pertandingan di nomor individual masih berlangsung sepekan lagi.

Di balik ketatnya persaingan, pebulutangkis asal Belanda, Alyssa Tirtosentono layak mendapat perhatian khusus.  Alyssa ternyata memiliki darah keturunan Indonesia. 

Kepada Metrotvnews.com, Alyssa mengaku memang memiliki garis keturunan Indonesia, meskipun tak bisa memastikan asal pastinya. Ia mengatakan nama Tirtosentono diperoleh dari ayahnya yang bernama Steven Tirtosentono. Sedangkan, Tirtosentoso adalah nama dari kakeknya. 

Baca juga: Rizki/Della Sumbang Satu-satunya Gelar Bagi Indonesia

"Ayah saya bernama Steven Tirtosentono. Dan kakek saya bernama Tirtosentono," ujar Alyssa di GOR Amon Graga Yogyakarta Senin, 16 Oktober 2017. 

Ia mengisahkan dahulu keluarga kakeknya dari Jawa dibawa ke Suriname. Beberapa tahun di Suriname, kemudian dibawa ke Belanda. Alyssa tak tahu persis tahun berapa peristiwa itu terjadi. 

Meski memakai nama "berbau" Indonesia, Alyssa mengaku tetap nyaman. "Teman saya tidak ada yang mempermasalahkan nama saya. Mereka senang dengan nama saya," ujarnya. 

Kedatangan Alyssa ke Indonesia kali ini bukan lah kali pertama. Ia mengaku sudah pernah datang ke Indonesia. Namun, bermain bulu tangkis di Indonesia adalah pengalaman pertama baginya. 

Baginya, datang ke Indonesia menjadi hal yang menyenangkan. Ia mengaku suka ketika datang ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Alyssa menyukai udara di Indonesia yang hangat. "Serasa pulang ke rumah. Banyak yang saya sukai," ungkapnya. 

Baca juga: Tiongkok Juara Bulu Tangkis Dunia Junior

Saat ditanya apakah ada keinginan bermain bulu tangkis untuk negara asal kakeknya? Alyssa menjawab tidak. "Saya ingin tinggal di Belanda saja," kata dia.

Perempuan kelahiran 29 Mei 2000 ini juga mengaku memiliki idola pebulutangkis asal Indonesia. Ia menyebut nama Greysia Polii. Menurutnya, Greysia merupakan pebulutangkis perempuan yang memiliki teknik bagus dan pintar. 

Alyssa memiliki keinginan memiliki kemampuan seperti Greysia. Jalan pertama, ia berharap bisa mencapai babak perempat final ajang kejuaraan bulu tangkis junior dunia di nomor individual. "Target realistis sampai di kuarter final saja," ungkapnya.

Video: PB PASI Tak Menyoalkan Wacana Pembubaran Satlak Prima 
 


(RIZ)