Tiongkok Open Super Series Premier 2017

Marcus/Kevin Akui Tak Mudah Raih Tiket Perempat Final

Krisna Octavianus    •    16 November 2017 14:33 WIB
bulu tangkis
Marcus/Kevin Akui Tak Mudah Raih Tiket Perempat Final
Marcus Fernaldi Gideo/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: AFP PHOTO / Toru YAMANAKA)

Fuzhou: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil mengamankan tiket perempat final pertama buat Indonesia pada Tiongkok Open Super Series Premier 2017, Kamis 16 November siang WIB. Unggulan satu turnamen itu lolos usai mengalahkan Lee Jhe Huei/Lee Yang (Taiwan) dengan skor 29-27 dan 21-18 dalam waktu 43 menit.

Game pertama dimulai, poin Marcus/Kevin kerap tertinggal dari lawan, hingga interval 6-11. Mereka kemudian menyamakan kedudukan menjadi 17-17, hingga balik memimpin 20-19. 

Tak mudah begitu saja, meski sudah meraih game point lebih dulu, pertandingan terus berjalan menegangkan. Marcus/Kevin dan Lee/Lee harus terlibat delapan kali setting point lebih dulu baru akhirnya menang 29-27.

"Saat poin ketat, kami berpikirnya satu-satu saja, poin satu demi satu, enggak mau mikirin menang kalah. Karena lawannya enggak gampang mati. Bertahan dan drivenya bagus. Kami enggak boleh bikin salah," kata Marcus usai pertandingannya di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, Tiongkok.

Masuk pada game dua, pertandingan tetap berjalan sengit. Beberapa kali Kevin/Marcus melakukan kesalahan yang menguntungkan lawan. Sementara, Lee/Lee juga tak mudah untuk dimatikan langkahnya. Perolehan angka kedua pasangan ini pun tak jarang hanya terpaut tipis. Namun akhirnya Kevin/Marcus berhasil menunjukkan kualitasnya dengan unggul 20-18 dan menang 21-18.

"Lawan cukup bagus, enggak gampang mati. Punya drive yang kencang, power yang kuat dan serangannya juga bagus. Susah melawannya," timpal Kevin mengenai penampilan Lee/Lee.

Head to head dengan Lee/Lee sendiri sejauh ini tercatat ketat 3-2 untuk keunggulan Kevin/Marcus. Pada pertemuan terakhir di Singapore Open 2017, Marcus/Kevin menang 21-16 dan 21-14.

"Dari pertemuan sebelumnya ya hampir sama, mereka enggak gampang mati, punya serangan yang bagus. Paling kuat-kuatan konsentrasi saja. Siapa yang lebih aman mainnya," ujar Kevin.

Selanjutnya di perempat final, pasangan yang akrab disapa Duo Minions ini akan menghadapi Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov. Dengan pasangan Rusia, dua kali berhadapan, dua kali pula Kevin/Marcus memetik kemenangan. Terakhir di BWF World Championships 2017 lalu Kevin/Marcus menang 21-19 dan 21-16.

"Yang pasti kami akan melakukan yang terbaik. Karena kami kan sudah pernah bertemu. Nanti dipelajari lagi. Enggak boleh lengah biar pun di pertemuan terakhir menang, tapi tetap harus fokus,” pungkas Marcus.

 


(KRS)