Dubai World Super Series Finals (DWSSF) 2017

Kunci Kemenangan Tontowi/Liliyana atas Chris/Gabrielle

Kautsar Halim    •    13 Desember 2017 23:29 WIB
bulu tangkistontowi-liliyana
Kunci Kemenangan Tontowi/Liliyana atas Chris/Gabrielle
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Foto: Humas PBSI)

Dubai: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus susah payah untuk memenangkan laga perdana Grup B Dubai World Super Series Finals (DWSSF) 2017. Keduanya mendapat perlawanan sengit dari ganda campuran Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock. 

Jalannya pertandingan berlangsung ketat di Hamdan Sports Complex, Dubai, Arab Saudi, Rabu 13 Desember. Tontowi/Liliyana baru bisa menutup laga dengan skor 21-18, 18-21, 21-14 setelah bermain selama 1 jam 2 menit.

Salip menyalip poin sudah ditunjukkan Tontowi/Liliyana dan Chris/Gabrielle sejak memainkan game pertama. Keduanya sama-sama tampil agresif dan menerapkan permainan cepat dengan variasi smes-smes keras.


Klik: Tontowi/Liliyana Taklukkan Chris/Gabrielle pada Laga Perdana


Performa Chris/Gabrielle mulai menurun pada pertengahan game ketiga. Situasi itu langsung dimanfaatkan Tontowi/Liliyana untuk lebih gencar melancarkan serangan dan menutup game lebih cepat.

Tontowi/Liliyana dan Chris Gabrielle bukan lawan baru. Keduanya sudah saling bentrok sebanyak 15 kali dan hasil di DWSSF 2017 adalah kemenangan kesepuluh bagi Tontowi/Liliyana.

“Kami sebetulnya sudah tahu permainan masing-masing. Tadi hanya mencoba tampil enjoy dan fokus saja," ujar Tontowi dalam rilis Humas PBSI.

"Kemenangan pertama di grup sangat berarti, karena format turnamennya menggunakan sistem round robin. Jadi, semoga jalan kami ke semifinal menjadi lebih mudah," tambahnya.

“Beberapa kali kami melakukan kesalahan sendiri saat memainkan game kedua. Padahal saat itu, posisinya sedang mengejar. Kondisi inilah yang membuat lawan bangkit. Setelah itu, kami berpikir masih ada game ketiga dan langsung melupakan kekalahan pada game kedua," timpal Liliyana.


Klik: Srikanth Kidambi Bukan Tandingan Viktor Axelsen


Dilanjutkan oleh Liliyana, ia bersama Tontowi tidak pernah menganggap remeh lawannya yang merupakan suami istri asal Inggris tersebut. Oleh karena itu, persiapannya pun dilakukan dengan matang menjelang pertandingan.

“Dari awal kami sudah siap capek. Komunikasi kami pun berjalan dengan lancar dan kami bisa saling percaya satu sama lain,” tambahnya.

Tontowi/Liliyana masih harus menyelesaikan dua laga fase grup agar bisa melaju ke semifinal. Lawan mereka berikutnya adalah Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dari Malaysia dan Wang Yilyu/Huang Dongping (Tiongkok). (RO)




(KAU)