China Open Super Series Premier 2016

Tontowi/Liliyana Melaju Mulus ke Final

Kautsar Halim    •    19 November 2016 23:59 WIB
bulu tangkis
Tontowi/Liliyana Melaju Mulus ke Final
Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad

Metrotvnews.com, Fuzhou: Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melaju ke fase final China Open Super Series Premier 2016. Tren positif itu baru didapat setelah menaklukkan wakil Korea Selatan Choi Solgyu/Chae Yoo Jung pada semifinal, Sabtu 19 November.

Meski sempat tertinggal di poin-poin awal, pasangan yang biasa disapa Owi/Butet itu tampak tidak menemui kesulitan khusus ketika menjalani pertandingan. Mereka hanya butuh waktu 52 menit untuk menutup laga dengan skor, 21-12 dan 21-7.


Klik: Start Kelima, Sean Masih Optimistis Podium


Di game pertama, Tontowi/Liliyana sempat tertinggal, 0-4, 3-8 dan 8-12, Mereka baru mampu mengendalikan permainan ketika membalikkan keadaan dengan skor, 13-12. Tak jauh berbeda dengan game pertama, Owi/Butet juga sempat tertinggal beberapa kali pada game kedua. Namun, kendala itu juga bisa teratasi dengan baik. “Kalau menurut saya, kami bermain lebih tenang dalam laga tadi. Walau ketinggalan, tapi kami tetap tenang, tetap fokus dan tetap kontrol. Saya sempat kendor dan ketinggalan 0-4 pada game awal, tapi habis itu kami bangkit lagi,” ujar Tontowi mengevaluasi laga.

“Kami sudah tahu karakter pemain Korea yang alot, kuat dan enggak gampang ditaklukkan. Jadi, kami perlu lebih sabar dan tenang. Kalau ketinggalan pun harus tetap tenang, karena belum game. Kami harus lebih fokus lagi untuk mencari poin,” kata Liliyana.


Klik: Manor Beri Kesempatan kepada Jordan King di GP Abu Dhabi


Selanjutnya di partai final, Tontowi/Liliyana sudah ditunggu Zhang Nan/Li Yunhui. Wakil Tiongkok itu berhak melaju ke laga pamungkas setelah menaklukkan Ko Sung Hun/Kim Ha Na (Korea Selatan) yang merupakan unggulan pertama. Zhang/Li baru memastikan kemenangan setelah bertanding selama 57 menit dengan skor 21-19, 10-21, dan 21-15.

“Lawan kami pasti lebih berat di partai final. Jadi, kami harus siap semuanya, baik fisik, fokus, ketenangan dan komunikasi harus lebih lagi,” tutup Liliyana.

Sebelumnya,Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga memastikan diri ke babak final. Tren positif itu mereka dapatkan setelah bersaing sengit kontra unggulan pertama asal Tiongkok, Chai Biao/Hong Wei. Selanjutnya, Kevin/Marcus akan berhadapan dengan pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen. (RO)

Video: Banyak Tantangan, Sean Gelael Optimis Naik Podium di Sirkuit Sakhir

 


(KAU)