Tiongkok Masters 2017

Firman Satu-satunya Tunggal Putra Indonesia yang Tersisa

Krisna Octavianus    •    18 April 2017 21:45 WIB
bulu tangkis
Firman Satu-satunya Tunggal Putra Indonesia yang Tersisa
Firman Abdul Kholik (Foto: PBSI)

Metrotvnews.com, Jiangsu: Tunggal Putra Indonesia, Firman Abdul Kholik berhasil mengamankan satu tempat di babak kedua kejuaraan Tiongkok Masters 2017.  Ia menjadi satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia yang tersisa di ajang ini.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Xincheng Gymnasium, Changzhou, Firman berhasil mengalahkan Ren Pengbo (Tiongkok), dengan skor 13-21, 21-13, dan 21-18.
 
Pada laga perdana ini, Firman dipaksa bermain rubber game oleh Ren yang merupakan wakil tuan rumah. Kalah cepat di game pertama, Firman langsung ganti strategi pada game kedua.
 
BACA: Kalijodo Dipertimbangan Jadi Venue BMX Asian Games 2018

"Di game pertama saya kalah tempo permainan, pergerakan dia lebih cepat dari saya. Lalu saya mengubah taktik di game kedua dengan bermain reli dan membuat lawan berlari-lari terus mengejar bola dan bikin dia capek. Saya juga berusaha untuk mengurangi kesalahan sendiri," ungkap Firman.
 
"Memang ada kesulitan adaptasi lapangan karena belum coba lapangan, lalu shuttlecock yang dipakai. Jadi, di game pertama itu saya masih mencari-cari main yang sesuai itu seperti apa. Saya sudah bisa menghafal permainan dia di game kedua," tambah pemain jebolan klub Mutiara Cardinal Bandung ini.
 
Pada babak kedua, Firman akan berhadapan dengan wakil Taiwan, Lin Chia Hsuan. Firman harus waspada, karena Lin mengalahkan rekan sepelatnas Firman yaitu Krisna Adi Nugraha di babak pertama, dengan skor 21-18, 23-21.
 
"Di babak kedua saya harus lebih tenang dan lebih yakin. Beban itu pasti ada, tetapi saya harus bisa lawan beban itu, bagaimana pun caranya. Target mainya sebaik mungkin, kalau bisa masuk semifinal alhamdulillah,” tuturnya.
 
BACA: Hamilton Kesal Gagal Juara di GP Bahrain

Sementara itu, kemenangan Firman tak diikuti rekan-rekannya. Selain Krisna, Muhammad Bayu Pangisthu juga terhenti. Dia takluk di tangan Zhou Zeqi (Tiongkok) dengan skor 17-21, 21-11, 19-21. Panji Ahmad Maulana juga tak kuasa menahan laju wakil Tiongkok, Sun Feixiang dengan skor 15-21, 16-21. Sedangkan, Andre Marten harus mengakui wakil Taiwan, Chen Chi Ting, dengan skor 19-21, 15-21. (PBSI)
 
 


(KRS)