Pasca Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

Pelatih Buka-bukaan Soal Kegagalan Lee Chong Wei di Kejuaraan Dunia

Krisna Octavianus    •    06 September 2017 20:38 WIB
bulu tangkis
Pelatih Buka-bukaan Soal Kegagalan Lee Chong Wei di Kejuaraan Dunia
Misbun Sidek (Foto: the star)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Pelatih tunggal putra tim nasional Malaysia, Misbun Sidek menjelaskan faktor yang Lee Chong Wei gagal di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017. Padahal, sejak awal target Chong Wei adalah menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

Chong Wei datang ke Glasgow -tempat berlangsung Kejuaraan Dunia 2017- dengan kepercayaan diri penuh dan ambisi untuk meraih gelar juara dunia pertamanya. Apalagi, dia mempersiapkan diri secara intensif selama sebulan.

BACA: Nasib 8 Atlet yang Mengajukan Banding ke Dewan Anti-Doping Nasional

Namun, pebulu tangkis yang juga sahabat Taufik Hidayat itu mengalami salah satu kekalahan paling mengejutkan dalam sejarah Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis setelah disingkirkan wakil Prancis, Brice Leverdez di babak pertama turnamen bergengsi tersebut tiga pekan lalu.

Ketika ditanya tentang apa yang terjadi dengan Lee Chong Wei di Kejuaraan Dunia di Glasgow, Sidek menjelaskan anak asuhnya tidak memainkan gaya bermainnya sendiri.

"Dia bingung karena sudah enam tahun sejak saya terakhir melatihnya, dan selama periode itu, dia telah melewati banyak pelatih yang berbeda," ungkap Sidek.

"Saya baru bergabung dengan tim lima pekan sebelum Kejuaraan Dunia, saya hanya bisa mengatakan kepadanya di mana dia harus lebih memperhatikannya," lanjutnya.

"Chong Wei bingung dengan saran dan nasihat saat dia bermain, dan saya tidak akan menyalahkannya," sambung legenda bulu tangkis Malaysia itu.

Misbun Sidek mengatakan bahwa dia akan terus membantu Lee untuk turnamen mendatang dengan menerapkan pelatihan yang sesuai dengan usia Chong Wei saat ini yang sudah menginjak 34 tahun.

"Saat ini, dia sering menjadi target utama pemain lain, dan mereka tidak takut padanya. Usianya makin bertambah dan telah terjadi perubahan kecepatan dan serangan. Chong Wei menyadari hal ini dan kami akan membantunya memperbaiki tekniknya dari waktu ke waktu," katanya.

Misbun Sidek meninggalkan Asosiasi Bulu tangkis Malaysia (BAM) hampir tujuh tahun lalu, dan telah kembali ke BAM sebagai pelatih tunggal putra pada awal Juli 2017. Dia meminta waktu untuk bisa meremajakan dan mengembalikan kepercayaan diri tim tunggal putra Malaysia.

"Beri saya waktu untuk bekerja di skuat tunggal putra. Kami perlu latihan lebih kuat, pemain dari negara lain melakukan hal yang sama," kata Sidek.

"Jika pemain memiliki kemauan untuk menjadi yang terbaik, saya yakin mereka bisa terus memperbaiki permainan mereka," pungkasnya. (badminton planet)

 


(ACF)