Malaysia Open Super Series Premier 2017

Susah Payah Lolos ke Semifinal, Tontowi/Liliyana Mengaku Turun Performa

Kautsar Halim    •    07 April 2017 23:50 WIB
bulu tangkis
Susah Payah Lolos ke Semifinal, Tontowi/Liliyana Mengaku Turun Performa
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Foto: Humas PBSI)

Metrotvnews.com, Kuching: Perjuangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir patut diacungi jempol pada perempat final Malaysia Open Super Series Premier, Jumat 7 April. Akhirnya keduanya keluar sebagai pemenang, setelah bertanding sengit kontra Choi Solgyu/Chae Yoo Jung selama 82 menit.

Selain alot, wakil Korea Selatan tersebut juga memiliki kemampuan menawan untuk mengimbangi permainan Tontowi/Liliyana. Mereka mampu merebut game pertama dan memaksa lawan memainkan skor deuce pada game kedua dan ketiga.

Namun, mental Tontowi/Liliyana sebagai pemilik gelar hattrick All England memang berbeda. Meski berhasil diimbangi, keduanya mampu unggul dan menutup laga dengan skor, 16-21, 23-21, dan 22-20.  


Klik: Hadapi Lin Dan, Jonatan Christie Gugur di Perempat Final


Berbicara seusai laga, Tontowi/Liliyana seakan tidak jemawa dengan kemenangannya kali ini. Keduanya tetap mengakui kehebatan Choi/Chae lawan tangguh dan tidak risih mengakui kualitas permainannya menurun.

“Lawan kami juga bagus, bukan jelek. Kami tadi selalu berusaha fokus dan konsentrasi. Kami terus adu permainan no lob dengan mereka,” ujar Tontowi seusai laga

“Pergerakan kami di lapangan memang tidak secepat dulu, karena banyak faktor. Pertama saya habis cedera lutut, kemudian dari usia kami juga tidak muda lagi," timpal Liliyana.

"Lawan lebih muda sudah pasti lebih cepat. Tetapi kami pemain senior tidak mau mengalah begitu saja. Kami tetap semangat, komunikasi dan fokus,” tambah Liliyana.


Klik: Dramatis, Tontowi/Liliyana Ikuti Jejak Marcus/Kevin ke Semifinal


Liliyana punya riwayat buruk sebelum menyambut musim 2017. Ia harus menepi beberapa bulan sejak Desember 2016 karena mengalami cedera lutut. Menanggapi kendala tersebut, Liliyana mengklaim lututnya ternyata belum sembuh benar hingga saat ini.

“Kondisi kaki saya memang masih terasa nyeri, tetapi kalau sudah pertandingan begini dilupakan dulu saja sakitnya. Meski begitu, sudah tidak ada masalah lagi dengan cedera saya,” papar Liliyana.

Tontowi/Liliyana merupakan wakil kedua dari Indonesia yang lolos ke semifinal Malaysia Open 2017. Sebelumnya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra) juga sukses menaklukkan Li Junhui/Liu Yuchen pada perempat final. Sayang Jonatan Christie terhempas pada perempat final karena dikalahkan Lin Dan. (RO)

 


(ACF)