Piala Sudirman 2017

Kunci Sukses Korea Selatan Menjuarai Piala Sudirman 2017

Kautsar Halim    •    28 Mei 2017 21:35 WIB
bulu tangkispiala sudirman
Kunci Sukses Korea Selatan Menjuarai Piala Sudirman 2017
Euforia Kang Kyung Jin setelah ganda campuran Korea Selatan Choi Solgyu/Chae Yoo Jung memastikan kemenangan. (Patrick HAMILTON / AFP)

Metrotvnews.com, Gold Coast: Kepala Pelatih bulu tangkis Korea Selatan Kang Kyung Jin tak menyangka timnya mampu menjuarai Piala Sudirman 2017. Terlebih lagi, Korea Selatan harus menghadapi Tiongkok pada fase final, Minggu 28 Mei.

"Kemenangan ini seperti keajaiban karena kami tampil menggunakan ganda putra yang tidak memiliki ranking dunia. Selain itu, banyak yang tidak percaya kami bisa menang ketika kami memainkan mereka," ujar Kang seusai laga.


Klik: Korea Selatan Angkat Trofi Piala Sudirman 2017


Kendati demikian, tidak ada yang mustahil dalam dunia tepok bulu. Tiongkok yang berstatus sebagai juara bertahan dan negara tersukses di Piala Sudirman tetap mampu ditaklukkan Korea Selatan dengan skor, 3-2.

Laga final antara Tiongkok kontra Korea Selatan berlangsung menegangkan di Carrara Indoor Stadium selama lebih dari empat jam. Saat itu, kedua tim sudah saling berebut poin dan bertanding sengit sejak laga pertama.

Tiongkok membuka asa terlebih dulu ketika ganda putra Fu Haifeng/Zhang Nan memenangkan laga pertama. Saat itu, Korea Selatan yang menurunkan Choi Solgyu/Seung Jae Seo langsung keok dalam dua game langsung, 21-14 dan 21-15. 
 
Kemenangan Korea Selatan baru ditentukan pada laga kelima yang dimainkan ganda campuran Choi Solgyu/Chae Yoo Jung. Keduanya yang berstatus sebagai pasangan nonunggulan malah tampil menawan dengan mengalahkan wakil Tiongkok Lu Kai/Huang Yaqiong yang merupakan pasangan terbaik kedua dunia. Laga dimenangkan Choi/Chae dengan skor, 21-17 dan 21-13.

"Kami memang mempersiapkan ganda campuran, tetapi penampilan mereka di perempat final dan semifinal tidak begitu baik. Beruntung mereka bisa melupakan kegagalan itu dan fokus memenangkan pertandingan tadi," jelas Kang mengomentari penampilan anak asuhnya.

"Kendati demikian kami juga terus menyemangati tim untuk membakar semangat mereka. Saya sendiri memposisikan diri seperti teman, pelatih, orang tua dan keluarga bagi semua pemain," tambahnya.
 

Klik: Sandra Pancing Menpora Minta Pemda Perhatikan Masa Depan Atlet


Kemenangan ini merupakan gelar juara keempat Korea Selatan di ajang Piala Sudirman. Sebelumnya Korea Selatan memang pernah menang, namun itu tercipta terakhir kali pada 2003 atau 14 tahun silam. Pencapaian ini bisa dibilang juga pengobat kegagalan Korea Selatan di ajang Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. 

"Hasil kami di Olimpiade tahun lalu tidak begitu baik karena hanya meraih perunggu. Kemudian ketika tampil di sini, kami juga tidak menduga bisa menjadi juara," papar Kang.

"Saya rasa kemenangan hari ini akan menjadi hal positif bagi perkembangan bulu tangkis di negara kami ke depannya," tambahnya menutup.

Sebelum dikalahkan Korea Selatan, Tiongkok merupakan juara bertahan Piala Sudirman sebanyak enam kali berturut-turut. Tiongkok memang lawan tangguh karena sudah pernah menang sebanyak 10 kali. Selain Korea Selatan dan Tiongkok, Indonesia juga pernah mencicipi gelar juara Piala Sudirman pada 1989 silam. (RO)

Berikut hasil lengkap Tiongkok vs Korea Selatan: 

Ganda Putra
Choi Solgyu/Seo Seung Jae 
    vs      14-21, 15-21
Fu Haifeng/Zhang Nan

Tunggal Putri
Sung Ji Hyun 
        vs    21-12, 21-16
He Bingjiao

Tunggal Putra
Jeon Hyeok Jin 
         vs    10-21, 10-21
Chen Long

Ganda Putri
Chang Ye Na/Lee So Hee
          vs     21-19, 21-13
Chen Qingchen/Jia Yifan

Ganda Campuran
Choi Solgyu/Chae Yoo Jung 
    vs      21-17, 21-13
Lu Kai/Huang Yaqiong 


(KAU)