Hong Kong Open Super Series 2017

Pelatih Memaklumi Kegagalan Anthony dan Jonatan Christie

Kautsar Halim    •    22 November 2017 23:59 WIB
bulu tangkis
Pelatih Memaklumi Kegagalan Anthony dan Jonatan Christie
Jonatan Christie. (Foto: Humas PBSI)

Kowloon: Dua tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting dan Jonatan Christie, terhempas lebih awal di ajang Hong Kong Open Super Series 2017. Tren negatif itu membuat keduanya gagal mengikuti turnamen akhir tahun ini yang biasanya dinanti-nanti para pebulutangkis dunia, yakni Dubai World Super Series Finals.

Dubai World Super Series Finals hanya bisa diikuti oleh pebulutangkis yang berada di urutan delapan besar. Ranking delapan besar itu diperoleh lewat poin-poin yang dikumpulkan setelah mengikuti turnamen berlevel Super Series di sepanjang 2017.


Klik: Tunggal Putra Indonesia Berguguran pada Babak Pertama


Anthony nyaris bisa berangkat ke Dubai karena sedang berada di urutan sembilan dengan koleksi 37,120 poin. Sayangnya ia malah terhempas pada babak pertama Hong Kong Open Super Series 2017 hingga akhirnya poin itu gagal bertambah.

Sementara itu, Jonatan malah belum masuk urutan 10 besar. Ia harus terima bertengger di urutan 12 setelah terpental dari babak pertama di Hong Kong. Saat ini, Jonatan baru memiliki 35,570 poin atau berselisih 3,44 angka dengan Lee Chong Wei yang berada di urutan delapan.

Pelatih tunggal putra Indonesia, Hendry Saputra, ikut angkat bicara atas tren negatif yang didapat dua anak angkatnya. Ia mengaku tidak terlalu kecewa karena Jonatan dan Christie punya masalah kebugaran saat melakoni Hong Kong Open Super Series 2017.

“Kecewa sih tidak. Tapi sebenarnya saya menaruh harapan kepada mereka agar punya pengalaman untuk main di sana (Dubai)," kata Hendry seperti tertuang dalam rilis Humas PBSI.

"Tapi kalau lihat kondisi kaki, saya yakin permainan mereka juga tidak maksimal. Saya perlu waktu untuk membuat mereka makin percaya diri. Jadi, sekarang kami akan pemulihan dulu supaya bisa lebih baik,” tambahnya.

Anthony dan Jonatan yang biasanya bisa diandalkan langsung tersingkir pada babak pertama di Hong Kong. Anthony ditaklukkan Wong Wing Ki Vincent (18-21, 21-11, dan 21-16), sedangkan Jonatan ditekuk Tzu Wei Wang (17-21 dan 13-17). (RO)

 


(KAU)