Rionny Mainaky akan Membuat Tunggal Putri Indonesia Lebih Ulet

Kautsar Halim    •    16 Maret 2019 15:02 WIB
bulu tangkis
Rionny Mainaky akan Membuat Tunggal Putri Indonesia Lebih Ulet
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. (ANTARA FOTO/Humas PB PBSI)

Jakarta: Rionny Mainaky bakal menjadi nakhoda Pelatnas tunggal putri PBSI terhitung pada 1 Maret mendatang. Dia pun bertekad untuk meningkatkan prestasi tunggal putri Tanah Air yang kian merosot.

Pengalaman melatih klub Unisys dan timnas bulu tangkis Jepang tampaknya akan dibawa saat melatih tunggal putri Indonesia. Sebab, dia menganggap anak-anak didiknya di Jepang punya mental luar biasa.

"Mereka rajin, disiplin dan telaten. Semua menu latihan dilakukan dengan serius, enggak manja dan enggak sombong. Mereka punya karakter atlet yang bisa dibilang hampir sempurna," kata Rionny dalam petikan wawancaranya dengan Humas PBSI.
 

Klik: Tekuk Lin Dan, Anthony Ginting Melaju ke Semifinal


Sudah banyak anak-anak didik Rionny dari Jepang yang sudah mendulang prestasi hingga saat ini. Beberapa di antaranya, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (ganda putri), Nozomi Okuhara (tunggal putri) dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (ganda putra).

Kendati demikian, kebanggaan Rionny terhadap anak-anak asuh bukan berarti merendahkan semangat pebulu tangkis Indonesia. Dia yakin sektor tunggal putri yang mengandalkan Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan bisa bersaing di masa mendatang.

"Mereka sudah rajin. Tinggal dibiasakan sabar, konsentrasi lebih lama dan enggak mau menyerah walaupun sesulit apapun dalam lapangan. Lalu, latihan dan istirahat harus teratur karena Olimpiade sudah di depan mata," tutup pria kelahiran Ternate, 11 Agustus 1966 tersebut.

 


(KAU)