Japan Open 2018

Fajar/Rian Mulus pada Babak Pertama Japan Open

A. Firdaus    •    12 September 2018 11:44 WIB
bulu tangkis
Fajar/Rian Mulus pada Babak Pertama Japan Open
Ganda putra Indonesia Fajar/Rian melenggang ke babak dua Japan Open 2019 (Foto: Humas PBSI)

Tokyo: Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto belum menemui rintangan yang berarti pada laga perdana Japan Open 2018. Menghadapi Ong Yew Sin/Teo Ee Yi asal Malaysia, Fajar/Rian menang straight game 21-17, 21-18.

Dengan kemenangan tersebut, Fajar/Rian berhasil menambah keunggulan mereka atas Ong/Teo menjadi 2-1. Sebelumnya Fajar/Rian juga menang atas Ong/Teo pada perempat final Asian Games 2018 juga dengan straight game 21-17, 21-13.

Mengulangi kesuksesan tersebut, Fajar/Rian mengaku tak ada strategi yang diubah ketika kembali berhadapan dengan ganda putra Malaysia tersebut. 

"Sebenarnya strategi kami sama saja dengan sebelumnya. Tapi kondisi lapangan dan shuttlecock di sini kan beda dengan di Istora. Tadi agak ramai pada game kedua karena lawan belum terlalu in pada game pertama. Lawan lebih berani bermain bertahan pada game kedua," kata Fajar setelah pertandingan.

"Di sini kami harus lebih sabar, karena kondisi ini mengharuskan kami untuk tidak boleh buru-buru mematikan lawan. Tidak bisa sekali dua kali serang, lawan langsung 'mati'. Pokoknya ngatur lawan dulu," tambah Rian.

Sejatinya, Fajar/Rian punya persiapan yang mepet. Namun mereka punya siasat untuk mengatasi situasi tersebut.

"Memang belum balik seratus persen tenaganya. Tapi kami atur saja bagaimana caranya supaya staminanya terjaga terus. Kami sering latihan fisik di gym hotel, push up dan sebagainya," jelas Fajar.

Pada babak kedua, Fajar/Rian akan bertemu dengan Lee Yang/Lee Jhe-Huei, asal Taiwan. Pasangan ini merupakan peraih medali perunggu Asian Games 2018. Melihat calon lawan mereka, Fajar/Rian punya pendapat.

"Mereka unggul di power. Strategi kami untuk besok kurang lebih sama. Siapkan pertahanan, dan jangan buru-buru menyerang," jawab Rian ketika ditanya soal Lee/Lee.

Nasib berbeda dialami ganda putra Indonesia lainnya, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Mereka terhenti pada babak pertama setelah dikalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark), dengan skor 13-21, 11-21. 

Tekan Rem Lawan, Romano Fenati Dipecat Marinelli Snipers



(ASM)