Indonesia Open 2018 World Tour Super 1000

Tumbangkan Unggulan Tiongkok, Fajar/Rian Jumpa Marcus/Kevin di semifinal

Kautsar Halim    •    06 Juli 2018 23:37 WIB
indonesia open
Tumbangkan Unggulan Tiongkok, Fajar/Rian Jumpa Marcus/Kevin di semifinal
Selebrasi Fajar-Rian usai meraih poin atas pasangan Tiongkok Liu Cheng-Zhang Nan (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta: Penampilan menawan ditunjukkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ajang Indonesia Open 2018. Berkat semangat dan kerja sama yang apik, keduanya berhak melaju ke semifinal.

Bukan tugas mudah bagi Fajar/Rian untuk melewati fase perempat final yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Jumat 6 Juli. Pasalnya, mereka dihadapkan pada lawan tangguh, yakni unggulan tiga asal Tiongkok, Liu Cheng/Zhang Nan.

Tanda-tanda kejutan dari Fajar/Rian sudah terlihat di game pertama di mana mereka berhasil mengejar ketertinggalan 10-13 dan menyamakan kedudukan 14-14 sebelum akhirnya membungkus kemenangan di game pertama.
 

Baca: Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal, Tommy Sugiarto Gugur


Namun, Liu/Zhang menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu pemain dunia di game kedua. Setelah bermain ketat hingga poin 14-14, Liu/Zhang meninggalkan perolehan Fajar/Rian untuk memaksakan rubber game.

Pertarungan semakin menarik di game penentuan. Fajar/Rian yang sempat memimpin jauh 12-7 sempat dibuat cemas lantaran Liu/Zhang berhasil menyamakan kedudukan menjadi 14-14.

Mulai dari sini, pertarungan berlangsung sengit. Margin poin tidak pernah lebih dari dua poin. Bahkan, pertarungan harus diselesaikan melalui empat kali deuce. Dan untungnya, Fajar/Rian yang mendapat dukungan penuh publik Istora berhasil keluar sebagai pemenang. Lewat pertarungan selama 1 jam 11 menit, Fajar/Rian membungkus kemenangan 21-18, 18-21 dan 25-23.

"Waktu match point 20-19, kami ada keyakinan yang penting satu demi satu demi satu poin. Di game kedua mereka mengubah permainan. Zhang/Liu kan pemain ganda campuran, mereka bermain dengan tipe ganda campuran dan ini membuat kami tidak enak mainnya, kami kurang siap di bola-bola depan," kata Fajar.

"Waktu empat kali match point di game ketiga, kami nggak mikir menang atau kalah, tapi fokus satu-satu. Dukungan suporter tentunya berpengaruh, mental lawan seperti agak down," tambahnya.
 

Baca juga: Tommy Sugiarto Gugur di Perempat Final karena Cedera


Lolos ke semifinal, Fajar/Rian harus melakoni perang saudara melawan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang juga melewati pertarungan tiga game di babak perempat final melawan Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding.

Menyikapi hal ini, Fajar/Rian tidak memasang target muluk. Sebab, siapapun yang menang, Indonesia sudah punya wakil di babak final. Kendati sadar bahwa lawan mereka adalah ganda putra terbaik dunia, Fajar/Rian berjanji akan tetap memberikan penampilan terbaik.  

"Kevin/Marcus kecepatannya luar biasa, speed dan power bagus. Kami sering bertemu di latihan. Kapan lagi bisa lawan Kevin/Marcus, apalagi di rumah sendiri. Pokoknya siapa yang siap, pasti bisa (menang), tidak ada yang tidak mungkin," tutup Fajar.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia, #SalamdariRusia




(ACF)