Indonesia Masters 2019

Pelatih Khawatirkan Stamina Greysia/Apriyani

Kautsar Halim    •    25 Januari 2019 16:37 WIB
bulu tangkis
Pelatih Khawatirkan Stamina Greysia/Apriyani
Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (Foto: Dok. PBSI)

Pelatih Greysia/Apriyani, Eng Hian khawatir dengan stamina anak asuhnya. Apalagi menghadai wakil Jepang yang dikenal punya stamina di atas rata-rata.

Jakarta: Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan menghadapi lawan lebih berat pada semifinal Indonesia Masters 2019, Sabtu 26 Januari. Mereka adalah Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi asal Jepang yang bertengger di ranking dua kedua. 

Terhitung dalam delapan pertemuan, Greysia/Apriyani baru menang dua kali atas Misaki/Ayaka. Dan, salah satunya baru terwujud lewat ajang Malaysia Masters 2019 pekan lalu. Saat itu, Greysia/Apriyani menang dengan skor, 20-22, 21-13 dan 21-19.

Eng Hian selaku pelatih ganda putri Indonesia turut mengakui Misaki/Ayaka merupakan lawan yang berat bagi kedua anak asuhnya. Tapi, bukan berarti peluang untuk menang sudah tertutup.

Baca: Rekor Pertemuan Anthony Ginting v Kento Momota

Dia menekankan, kemampuan Greysia/Apriyani dengan Misaki/Ayaka masih bersaing. Namun yang sering jadi soal adalah kondisi fisik atau kebugaran ketika melakoni laga. Seperti diketahui, terdapat tiga pertandingan yang harus dilewati untuk menuju semifinal.

“Saya tidak berpatokan sama trek rekor, tapi bagaimana meningkatkan kemampuan Greysia/Apri yang sering kalah dari pasangan Jepang pada musim lalu. Untuk besok pada semifinal, saya akan bantu persiapkan strategi, kondisi fisik dan pikiran mereka supaya tetap segar,” beber Eng.

“Hal yang masih kurang dari Greysia/Apri, lebih ke peningkatan kondisi fisik. Khususnya ketika melakoni laga semifinal ke final. Saat itu, kondisi badan mereka cenderung menurun," tambahnya.

Greysia/Apriyani lolos ke semifinal setelah menaklukkan Jongkolphan Kittitharakul/Rawinda Prajongjai asal Thailand dengan durasi 1 jam 21 menit. Sementara itu, Misaki/Ayaka hanya butuh waktu 38 menit untuk merebut tiket semifinal dari Du Yue/Li Yinhui asal Tiongkok.

"Jadi, kendala sama pasangan Jepang itu bukan kalah strategi tapi lebih persoalan kebugaran. Pokoknya, Greysia/Apriyani akan saya siapkan agar lebih bugar lagi," pungkas Eng.

Video: Jalur Profesional Duet Ahsan/Hendra


(ASM)