Indonesia Masters 2019

Ambil Jalur Profesional, Hendra/Ahsan Tetap Incar Tiket Olimpiade

Kautsar Halim    •    23 Januari 2019 20:04 WIB
indonesia masters
Ambil Jalur Profesional, Hendra/Ahsan Tetap Incar Tiket Olimpiade
Mohammad Ahsan (kiri) dan Hendra Setiawan (Humas PBSI)

Meski harus memikirkan pengeluaran, dengan pengalaman yang dimiliki mereka bisa memilah kompetisi yang bisa diikuti.

Jakarta
: Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, tidak lagi termasuk atlet binaan Pelatnas PBSI pada musim 2019. Keduanya ingin berkarier lebih bebas dengan menjadi pebulu tangkis profesional.

Dengan jalan profesional yang ditempuh, artinya Hendra/Ahsan tidak lagi dibiayai negara untuk mengikuti berbagai turnamen. Selain itu, mereka juga harus mempersiapkan berbagai perlengkapannya sendiri.

Sejauh ini, sudah dua turnamen yang diikuti Hendra/Ahsan sebagai atlet profesional. Selain tampil di Indonesia Masters, mereka juga turun di Malaysia Masters pada pekan lalu. Menanggapi itu, Ahsan mengaku tidak ada kendala.

"Ketika masih di Pelatnas, kami tidak memikirkan apapun (pengeluaran). Tapi, sekarang jadi ikut memikirkan. Untungnya kami punya cukup pengalaman," tutur Ahsan di Istora, Senayan, Jakarta, Rabu 23 Januari.


Baca juga: Hendra/Ahsan Terlalu Tangguh bagi Ganda Putra Muda Malaysia


Meski berstatus sebagai atlet profesional yang bebas memilih turnamen apa saja, Hendra/Ahsan tetap mematok target tinggi pada musim 2019. Mereka ingin tampil berbagai turnamen level tertinggi agar bisa menabung poin menuju Olimpiade Tokyo 2020.

"Target jangka panjang pasti mau ke Olimpiade. Tapi itu enggak mudah karena banyak pemain muda yang ingin tampil di sana. Semoga saja kami bisa masuk," ujar Hendra.

"Sementara ini, target kami masuk ranking lima besar dunia dan kumpulkan poin sebanyak mungkin. Syukur-syukur kami bisa ikut Olimpiade," timpal Ahsan.

Hendra/Ahsan tergolong pebulu tangkis veteran Indonesia. Tapi, performanya terbukti masih apik. Mereka masih bertengger di ranking delapan dunia dan sukses menaklukkan ganda putra muda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada babak pertama Indonesia Masters 2019.

Video: Indonesia Masters 2019 Jadi Daya Tarik Masyarakat

 


(ASM)