Tiongkok Open Super Series Premier 2017

Pasangan Tiongkok Puji Penampilan Minions

Rendy Renuki H    •    18 November 2017 17:19 WIB
bulu tangkis
Pasangan Tiongkok Puji Penampilan Minions
Pasangan Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen (Dok. PBSI)

Fuzhou: Pasangan Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen harus menelan kekalahan dari Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di Tiongkok Open Super Series Premier 2017. Mereka kalah dua game langsung, 14-21 dan 18-21 di babak semifinal, Sabtu 18 November.

Kekalahan itu menjadi kali ketiga bagi Li/Liu atas Marcus/Kevin. Dalam rekor pertemuan sebelumnya, Li/Liu  tertinggal 1-2 dari Kevin/Marcus. Mereka hanya bisa menang di pertemuan pertama, pada Vietnam Open 2015. 

Saat itu, Li/Liu menang rubber game 15-21, 23-21 dan 21-18. Kalah tiga kali berturut-turut dari Kevin/Marcus, Li/Liu pun mengakui keunggulan pasangan Indonesia tersebut.

“Kevin/Marcus adalah musuh bebuyutan kami, nggak nyangka hasilnya seperti ini. Kevin/Marcus sangat baik di tiga pukulan pertama setelah servis. Kami sudah bertemu beberapa kali, selalu berlangsung ramai, tidak pernah mudah menghadapi mereka," kata Liu dilansir Badmintonindonesia.org.

Baca: Singkirkan Wakil Tiongkok, Minios Tembus Final


"Kami merasa cukup baik dalam pertahanan dan serangan, tetapi tiga pukulan pertama setelah servis tadi menjadi kunci utama mengapa pola permainan kami tidak bisa berjalan, seolah dikunci oleh mereka,” sambungnya.

Kecepatan permainan yang diperagakan Marcus/Kevin pun menjadi momok bagi Li/Liu di lapangan. Alhasil, pasangan unggulan keempat itu sulit menenukan irama permainan dan kerap melakukan kesalahan sendiri.

“Kami merasa tidak nyaman dengan situasi seperti ini. Mereka sangat cepat, kami tidak bisa menemukan irama permainan kami. Kami merasa punya kesempatan di akhir game kedua, seperti kami menemukan pola kami kembali, tetapi terlambat dan kami membuat banyak kesalahan sendiri. Kami harus bermain lebih cepat kalau ketemu lagi dengan mereka lagi,” tambah Liu lagi.

“Mereka bagus dipenerimaan servis, lihat pertemuan sebelumnya, kami selalu belajar dari servis dan penerimaan servis. Kami belajar dari pertandingan hari ini, kami jadi punya banyak pengalaman bertemu mereka, dan berharap bisa beradaptasi dengan gaya bermain mereka,” ujar Li.

 


(REN)