Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018

Susy Susanti Puji Keistimewaan Tim Putra Indonesia

Gregah Nurikhsani Estuning    •    09 Februari 2018 22:13 WIB
bulu tangkis
Susy Susanti Puji Keistimewaan Tim Putra Indonesia
Foto: Dok. PBSI

Alor Setar: Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabidbinpres) PBSI Susy Susanti tidak mengira tim putra bulu tangkis Indonesia bisa menang 3-0 atas Jepang pada ajang Badminton Asia Team Championship (BATC) 2018. Susy pun memuji kelebihan yang dimiliki Kevin Sanjaya cs.

Faktor ketidaksiapan fisik Marcus Gideon membuat Kevin dipasangkan dengan Mohammad Ahsan. Nyatanya, Indonesia tetap bisa bermain optimal sekalipun ada bongkar pasang formasi.

Hasilnya terlihat saat menghadapi Jepang. Susy sampai tidak menyangka Indonesia bisa melahap kemenangan meyakinkan 3-0.

"Kami tidak memprediksi menang langsung 3-0, kalau pun menang mungkin 3-1. Lawan Jepang itu tidak mudah, para pemainnya ulet, ngotot. Saya lihat sekarang tunggal putra kita mulai mantap dan bisa diandalkan. Sebelumnya ganda lebih diandalkan, tetapi sekarang imbang lah, tunggal putra juga mau menyumbangkan angka," kata Susy dinukil dari Badmintonindonesia.org.

Klik: Tim Putra Indonesia Lolos Putaran Final Piala Thomas 2018

Susy memandang kemenangan tersebut sebagai bukti bahwa bulu tangkis Indonesia sudah solid. Ia juga menganggap ada keistimewaan sehingga seperti apapun formasi yang diturunkan pada suatu kompetisi tak akan membuat cemas.

"Inilah satu kelebihan ganda putra kita. Walaupun pasangan diacak, tapi tidak merasa asing karena sering latihan bersama. Di kejuaraan nasional juga berpasangan, jadi pada saat event-event penting seperti ini, menguntungkan buat kami. Sehingga kalau ada salah satu yang kurang fit, kami tidak terlalu khawatir," sambungnya lagi.

Video: 8 Cabor Gelar Test Event Asian Games 2018
 


(ACF)