Bulu Tangkis Dunia

Empat Pebulu Tangkis Andalan Tiongkok Pensiun

Krisna Octavianus    •    20 September 2017 15:08 WIB
bulu tangkis
Empat Pebulu Tangkis Andalan Tiongkok Pensiun
Hong Wei (kanan) (Foto: badmintonplanet)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Federasi Bulu tangkis Dunia (BWF) mengumumkan secara resmi empat atlet asal Tiongkok pensiun dari dunia tepok bulu, Selasa 19 September. Keempat pemain itu adalah Hong Wei, Bao Yixin, Luo Ying, dan Luo Yu.

Menariknya, keempat pemain Tiongkok ini masih sangat muda usianya. Paling tua adalah Hong Wei dan itu pun di masih berusia 27 tahun.

BACA: Indonesia Sabet Satu Medali Emas dari Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2017

Mantan pemain ganda putra ranking dua dunia itu dikenal karena pukulan kerasnya, dan telah bermain dengan pasangannya saat ini Chai Biao sejak 2013. Pasangan ini baru saja meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia tiga pekan lalu. Kabar ini mengejutkan semua orang karena dia dianggap masih bisa berprestasi.
 
Hong dan Chai berkompetisi di Olimpiade Rio 2016, tetapi kalah dalam pertandingan perebutan medali perunggu dari pasangan Inggris Marcus Ellis dan Chris Langridge.

Sementara itu, Bao Yixin yang baru berusia 24 tahun adalah yang paling sukses di antara keempat pemainnya. Bao dan mantan rekannya Tang Jinhua telah memenangkan tujuh gelar Superseries bersama-sama, dan keduanya praktis tak terkalahkan saat mereka membawa pulang tujuh gelar beruntun yang dimulai dari Belanda Open pada Oktober 2013 sampai Swiss Open pada Maret 2014. 



Bao telah memenangi total 15 titel super series, di mana salah satunya adalah gelar ganda campuran dengan Liu Cheng di Hong Kong Open 2013.

Sedangkan, satu pasangan ganda putri terbaik Tiongkok, si kembar Luo Ying/Luo Yu juga memutuskan pensiun. Setelah mengalahkan pasangan ganda putri nomor satu dunia Chen Qingchen/Jia Yifan di final Pekan Olahraga Tiongkok, mereka langsung mengucapkan selamat tinggal pada olahraga bulu tangkis. 

Duo Luo memang telah absen dari tim nasional Tiongkok sejak mereka tampil buruk di Olimpiade Rio 2016 karena tidak mampu lolos dari babak grup setelah menempati posisi ketiga. 



Sampai berita ini diturunkan, masih belum jelas alasan mereka semua mengambil keputusan untuk pensiun. Padahal, dilihat dari sisi usia, semuanya masih sangat muda dan masih berpeluang untuk berprestasi. 

Ini melanjutkan kisah pebulu tangkis dunia lainnya yang memutuskan pensiun saat usia muda. Tahun lalu ada dua andalan Korea Selatan, Lee Yong Dae dan Ko Sung Hyun yang juga memutuskan pensiun pada usia 28 dan 29 tahun. (badmintonplanet)

 


(ACF)