Pembinaan Bulutangkis

Tundukkan Pemain Malaysia, Aria ke Semifinal VEJO 2017

Achmad Firdaus    •    04 Agustus 2017 19:34 WIB
bulu tangkis
Tundukkan Pemain Malaysia, Aria ke Semifinal VEJO 2017
Suasana pertandingan di ajang Victor Exist Jakarta Open (VEJO) Junior Internasional Championships 2017 (Foto: Ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tunggal Putra Indonesia, Aria Dinata melaju ke semifinal U15 Victor Exist Jakarta Open (VEJO) Junior Internasional Championships 2017. Aria merebut tiket empat besar setelah mengalahkan pemain Malaysia, Yaw in Ng dengan skor 21-19 dan 21-15 pada laga perempatfinal di Gelanggang Remaja Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat 4 Agustus 2017.

Dengan hasil ini, Aria yang menempati unggulan 10 akan memperebutkan tiket final melawan pemain Malaysia lainnya, Zhen Yi Ong yang sukses menaklukkan pemain Indonesia Reynaldi Oktavianur Rizky di laga perempatfinal lewat skor ketat 21-17, 22-24 dan 21-12.

Satu tiket final lain akan diperebutkan dua pemain Indonesia yang sama-sama melaju ke semifinal yaitu unggulan 4 Mawardi Putra Damas dan unggulan 7 Iqbal Diaz Saputra.

Para pemain Indonesia memang mendominasi VEJO Junior Internasional Championships 2017 ini. Para pemain mancanegara satu per satu berguguran di ajang internasional yang digelar PP PBSI dan Pengprov PBSI DKI Jakarta ini.
 

Baca: Bintang Masa Depan Bulutangkis dari 15 Negara Siap Berlaga di Jakarta Open International 2017


Di nomor tunggal putri KU 17, Jumat (4/8) pagi, Komang Ayu Cahya Dewi membuat kejutan dengan menyisihkan unggulan 2 asal Thailand, Benyapa Aimsaard dengan 21-14 dan 21-11 untuk melaju ke perempat final. Sehari sebelumnya, Komang Ayu juga menumbangkan pemain Korea Selatan, Hee Su Jung dengan skor 21-9 dan 21-10. Komang Ayu akan memperebutkan tiket semifinal melawan pemain Indonesia lainnya, Irdina Naurah Mirza pada Jumat (4/8) malam.

VEJO Junior Internasional Championships 2017 mempertandingkan tiga kategori usia, yaitu U15 (Pemula) yang mempertandingkan empat nomor, U17 (Remaja) dan  U19 (Taruna) yang masing-masing melombakan lima nomor yaitu tunggal dan ganda putra, tunggal dan ganda putri serta ganda campuran. Pada katagori U15 & U17 akan mendapat point ranking dari Konfederasi Badminton Asia (BAC).
 

Baca juga: Lama Menghilang, Adriyanti Firdasari Muncul dengan Penampilan Berbeda


Ajang ini diikuti 807 atlet Junior terbaik dari 15 negara. Ke-15 negara yang menyertakan atletnya antara lain Malaysia, Filipina, India, Thailand, Singapura, Jepang, Vietnam, China Taipei, Czek, Kanada, Inggris, Prancis, Irlandia dan Korea serta tuan rumah Indonesia.

VEJO  Junior Internasional Championships merupakan perhetalan kali kedua dan mengalami peningkatan peserta baik dari dalam maupun luar negeri. "Karena banyak peserta luar negeri yang tampil, turnamen ini bagus untuk dijadikan tolak ukur pembinaan para pemain kita," ujar Ketua VEJO  Junior Internasional Championships, Alfianto Wijaya di sela-sela turnamen, Jumat (4/8).

Alfianto berharap, dari 14 nomor yang dipertandingkan untuk tiga kategori usia, Indonesia bisa merebut gelar sebanyak-banyaknya.  Adapun babak final sekaligus penutupan akan digelar Minggu (6/8) dan direncanakan dihadiri Ketua Umum PP PBSI Wiranto.

Video: ?Pengukuhan Kontingen Indonesia Berlaga di SEA Games 2017
 


(ACF)