Hong Kong Open Super Series 2017

Peluang Ganda Campuran Indonesia di Hong Kong Open 2017

Kautsar Halim    •    21 November 2017 07:31 WIB
bulu tangkis
Peluang Ganda Campuran Indonesia di Hong Kong Open 2017
Praveen Jordan/Debby Susanto. (Foto: Humas PBSI)

Kowloon: Sebanyak tiga wakil ganda campuran Pelatnas PBSI dipastikan turun di ajang Hong Kong Open Super Series 2017. Mereka adalah Praveen Jordan/Debby Susanto, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva Oktavianti.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang merupakan ganda campuran terbaik Indonesia juga dijadwalkan tampil dalam turnamen tersebut. Namun keduanya terpaksa kembali ke Tanah Air usai terhempas di ajang Tiongkok Open Super Series Premier 2017 pada pekan lalu. 

Absennya Tontowi/Liliyana di Hong Kong Open cukup disayangkan Vita Marissa selaku pelatih ganda campuran Indonesia. Pasalnya, keduanya merupakan juara bertahan pada tahun lalu. 

“Sebenarnya sangat disayangkan Tontowi/Liliyana harus mundur. Tapi kami harus bisa realistis dengan keadaan Liliyana sekarang. Sudah saatnya ganda campuran Indonesia bertumpu kepada Jordan/Debby atau pemain muda lainnya," kata Vita seperti tertuang dalam rilis Humas PBSI.


Klik: Evaluasi Ganda Putra Indonesia di Tiongkok Open 2017


Dijelaskan lebih lanjut oleh Vita, skuat ganda campuran Indonesia sudah mengalami perombakan agar mampu berprestasi makin babak. Salah satunya dengan memasangkan Hafiz/Gloria yang berhasil melaju ke semifinal Grand Prix Gold pada beberapa waktu lalu.

Jordan/Debby tampil di Hong Kong Open 2017 dengan status unggulan kedua. Pasalnya, mereka berhasil menjadi runner up ketika dikalahkan Tontowi/Liliyana pada final tahun lalu. Kini, Jordan/Debby akan langsung ditantang Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich dari Jerman pada babak pertama.


Klik: Prestasi Ruselli di Malaysia International Challenge 2017 Bukan Kebetulan


Sementara itu, Alfian/Melati dan Hafiz/Gloria harus rela memulai turnamen dari babak kualifikasi. Lawan terdekat Alfian/Melati adalah Tam Chun Hei/Ng Tsz Yau dari Hong Kong, sedangkan Hafiz/Gloria akan berhadapan dengan wakil India, Rankireddy Satwiksairaj/Ashwini Ponnapa.

"Kami berusaha menciptakan kombinasi dengan memasangkan Alfian/Melati. Beberapa waktu lalu, mereka bisa jadi juara di Vietnam. Jadi, kami belum bisa bilang keduanya telah gagal," ujar Vita.

"Tapi, kami mengejar target untuk bisa berprestasi lebih tinggi. Oleh karena itu persiapan regenerasi juga harus sedikit dikebut. Kombinasi-kombinasi baru masih mungkin kami lakukan juga untuk tahun depan,” tambahnya menutup.

Hong Kong Open Super Series 2017 akan berlangsung di venue Hong Kong Coliseum, Kowloon, pada 21-16 November. Turnamen ini memperebutkan total hadiah sebesar USD400 ribu (sekitar Rp5,4 miliar). (RO)



(KAU)