Bulu Tangkis Dunia

Ganda Putra Malaysia Belum Setara dengan Marcus/Kevin

Krisna Octavianus    •    29 November 2017 11:35 WIB
bulu tangkis
Ganda Putra Malaysia Belum Setara dengan Marcus/Kevin
Cheah Soon Kit (Foto: stadium astro)

Petaling Jaya: Pelatih ganda putra Malaysia, Cheah Soon Kit menegaskan anak asuhnya bisa mengikuti jejak Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menjadi juara enam kali super series pada 2017. Tapi, dia mengaku semuanya butuh waktu.

Malaysia tak kebagian satu gelar pun di ajang super series tahun ini untuk sektor ganda putra. Berbanding terbalik dengan jagoan Indonesia, Marcus/Kevin yang tampil konsisten dan berhasil menyabet enam gelar, terbaru di Hong Kong Open Super Series.

Namun, Cheah Soon Kit tetap positif dan yakin Malaysia akan kembali menjadi poros kekuatan ganda putra dunia lagi. 

Waktu yang dibutuhkan Malaysia tidak akan sebentar. Pasalnya, pasangan andalan, Goh V Sem/Tan Wee Kiong, baru saja dipisah. Pekerjaan berat menanti Asosiasi Bulu tangkis Malaysia (BAM) karena praktis tidak ada gelar lagi setelah Goh/Tan meraih medali perak Olimpiade 2016.

Namun, Goh/Tan mengalami penurunan performa yang drastis tahun ini. Hal itu BAM untuk "menceraikan" mereka pada September.

Kini, ada pasangan baru dalam diri Goh V Shem/Teo Ee Yi dan Tan Wee Kiong/Ong Yew Sin. Media Malaysia langsung menggantungkan harapan kepada dua pasangan itu. Semua merujuk pada pencapaian Marcus/Kevin yang sensasional tahun ini.

Namun, Soon Kit buru-buru membela dua pasangan baru Malaysia yang sejauh ini juga belum memuaskan. Dia menyebut, tidak adil menyamakan Goh V Shem/Teo Ee Yi dan Tan Wee Kiong/Ong Yew Sin dengan Marcus/Kevin.

"Tidak adil membandingkan Marcus-Kevin dengan pasangan kita. V Shem/Ee Yi dan Wee Kiong/Yew Sin baru berkompetisi dalam empat turnamen tahun ini," ujar Soon Kit seperti dikutip dari The Star.

"Mereka butuh waktu untuk membangun kekompakan. Kita harus memberi mereka ruang untuk memperbaiki diri," tegas Soon Kit.

Pada ajang super series tahun ini, Marcus/Kevin menjadi pasangan ganda putra paling banyak yang mengumpulkan gelar. Disusul oleh Mathias Boe/Crasten Mogensen dengan dua gelar. Masih ada satu gelaran super series di Dubai yang akan berlangsung 13-17 Desember.

 


(KRS)