Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017

Bersaing Menuju Semifinal, Indonesia Dikepung Tiongkok

Alfa Mandalika    •    25 Agustus 2017 14:49 WIB
kejuaraan dunia bulu tangkis
Bersaing Menuju Semifinal, Indonesia Dikepung Tiongkok
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro. (Foto: PBSI)

Metrotvnews.com, Glasgow: Tiga dari empat wakil Indonesia pada perempat final BWF World Championships 2017 dikelilingi ancaman pemain asal Tiongkok. Bukan hal mudah untuk lolos ke babak empat besar atau setidaknya mengamankan medali perunggu kejuaraan dunia.

Dua ganda campuran harus ‘meruntuhkan Tembok Cina” untuk lolos. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan menantang Wang Yilyu/Huang Dongping. Kendati lebih berpengalaman, Owi/Butet mesti waspada akan pasangan Tiongkok penghuni rangking 15 dunia tersebut. Satu kali berjumpa sebelumnya, Tontowi/Liliyana dikalahkan dengan skor 18-21, 21-19, 17-21.

Praveen Jordan/Debby Susanto akan berhadapan dengan lawan yang lebih berat lagi yaitu pasangan rangking satu dunia, Zheng Siwei/Chen Qingchen. Dalam empat pertemuan sebelumnya, Praveen/Debby belum pernah berhasil menghentikan perlawanan Zheng/Chen.

Baca: Wasit Curang di SEA Games Pantang Pimpin Asian Games di Indonesia


Beralih ke nomor ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang diunggulkan di tempat ketiga, akan berhadapan dengan Chai Biao/Hong Wei, juga dari Tiongkok. Empat kali bertemu, Marcus/Kevin tercatat hanya kalah satu kali dari Chai/Hong, pada pertemuan pertama.

Dari keempat wakil yang ke perempat final, hanya Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro yang tak berhadapan dengan wakil Tiongkok. Ahsan/Rian akan bertemu dengan Chung Eui Seok/Kim Dukyoung (Korea Selatan). Kedua pasangan tercatat belum pernah bertemu.

Ahsan/Rian melaju ke perempat final dengan mengalahkan Mathias Christiansen/David Daugaard (Denmark) dengan skor 21-19, 21-12.

Baca: Menpora Buka Kejurnas Bulu Tangkis Antar PTN di Makassar


“Kami bersyukur sudah melaju ke babak perempat final, di pertandingan tadi kuncinya cuma fokus. Kami tidak ingin lawan bisa mengembangkan permainannya,” kata Ahsan seperti dilansir Badmintonindonesia.org, Jumat (25/8/2017).

“Untuk selanjutnya ya kami saling mengingatkan saja untuk selalu tenang di lapangan, walaupun dalam posisi ketinggalan. Peluang imbang 50-50, tinggal siapa yang lebih siap di lapangan,” tambah Ahsan ketika ditanya soal peluang di babak delapan besar.

Video: SEA Games 2017: Indonesia Tertahan di Peringkat ke-5




(ASM)