Kejuaraan Dunia Junior Bulu Tangkis 2016

Ganda Campuran Bidik Gelar Nomor Perorangan

Krisna Octavianus    •    08 November 2016 12:37 WIB
bulu tangkis
Ganda Campuran Bidik Gelar Nomor Perorangan
Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu (Foto: PBSI)

Metrotvnews.com, Bilbao: Ganda campuran menjadi salah satu sektor yang diandalkan di perburuan Piala Eye Level Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2016 atau nomor perorangan. Turnamen yang akan dimulai besok, Jumat 8 November, Indonesia akan menurunkan empat pasangan. 

Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu, Syahnawi/Vania Arianti Sukoco, Andika Ramadiansyah/Angelica Wiratama, dan Alfandy Riski Kasturo/Yulfira adalah empat ganda campuran yang akan turun. Rinov/Apriani menjadi ganda asal Indonesia yang menempati unggulan teratas, yakni unggulan kedua.

BACA: Bastiannini Masih Pikir-Pikir Lompat ke Kelas MotoGP


Catatan manis ganda campuran Indonesia di WJC terjadi pada 2011 dan 2012. Kala itu, Alfian Eko Prasetyo/Gloria Emanuelle Widjaja sanggup menjadi juara, sementara satu tahun berikutnya giliran Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktavianti yang menjadi kampiun.  Tren positif prestasi ganda campuran di level senior pun seakan menginspirasi atlet-atlet spesialis ganda untuk bisa mencetak prestasi. Misalnya saja, Rinov Rivaldy, bersama Apriani ia meraih medali perunggu di Kejuaraan Asia Juinor (AJC) 2016. 

“Di WJC kali ini saya targetnya ingin bisa selangkah dari hasil AJC kemarin,” ujar Rinov. 

Sementara itu, sang pelatih Enroe Suryanto menyebut kondisi atlet-atletnya dalam kondisi prima. “Saya sendiri berharap di nomor ganda campuran bisa setidaknya membawa pulang medali, kondisi anak-anak saat ini dalam kondisi fit,” ujar Enroe.

Melihat peta persaingan, Enroe menungkapkan bahwa ancaman masih akan datang dari negeri-negeri tradisional bulu tangkis seperti Tiongkok dan Korea. 

BACA: Hamilton: Kesuksesan Mercedes GP, Buah Karya dari Brawn


“Target kami minimal seperti AJC, Tiongkok memang cukup berat tetapi saya ingin mereka bisa tampil sampai final. Salah satu yang kami andalkan memang Rinov/Apri,” sambungnya.

Tiga ganda campuran yang menempati unggulan mendapat bye di babak pertama, sementara Alfandy/Yulfira akan melakoni laga pertama mereka kontra Oleksander Shmundyak/Anastasiya Prozorova dari Ukraina besok. (PBSI)

 


(ASM)