Korea Selatan Angkat Trofi Piala Sudirman 2017

Kautsar Halim    •    28 Mei 2017 16:19 WIB
bulu tangkis
Korea Selatan Angkat Trofi Piala Sudirman 2017
Tim Korea Selatan berpose dengan trofi Piala Sudirman 2017. (Patrick HAMILTON / AFP)

Metrotvnews.com, Gold Coast: Penantian panjang Korea Selatan (Korsel) untuk menjuarai ajang Piala Sudirman akhirnya terwujud pada Minggu 27 Mei 2017. Prestasi itu sudah lama dinanti karena terakhir kali diraih Korsel pada 2013 atau 14 tahun silam.

Bukan tugas mudah bagi Korsel untuk menyabet gelar Piala Sudirman 2017. Pasalnya, gelar itu baru mereka pastikan setelah berhadapan dengan Tiongkok yang merupakan juara bertahan dan tim terkuat sepanjang masa.


Klik: Kekecewaan Hamilton usai Menjalani Sesi Kualifikasi


Kemenangan Korsel atas Tiongkok di final baru diraih setelah memainkan lima pertandingan yang berakhir dengan skor, 3-2. Masing-masing laga berlangsung sengit hingga menghabiskan waktu total lebih dari empat jam.

Tiongkok unggul lebih dulu lewat partai pertama yang mempertemukan ganda putra Fu Haifeng/Zhang Nan dengan Choi Solgyu/Seung Hae Seo. Saat itu, Korsel belum memberikan perlawanan berarti karena Fu/Zhang menang dalam dua game langsung. 

Memasuki laga kedua yang memainkan nomor tunggal putri, giliran Korea Selatan yang menang mudah atas Tiongkok. Menurunkan Sung Ji Hyun yang berstatus sebagai pemilik ranking empat dunia, wakil Tiongkok He Bingjiao ditekuk dengan skor straight game.


Klik: Jadwal Siaran Langsung F1GP Monaco Malam Ini


Tiongkok nyaris menutup laga seusai mantan tunggal putra terbaik dunia, Chen Long, mengembalikan keunggulan menjadi 2-1 seusai memainkan laga ketiga. Namun Korea Selatan tidak menyerah begitu saja karena ganda putri Chang Ye Na/Lee So Hee sukses memenangkan laga keempat.

Pertarungan ganda campuran Lu Kai/Huang Yaqiong kontra Choi Solgyu/Chae Yoo Jung menjadi laga penentu antara Tiongkok kontra Korea Selatan. Jalannya pertandingan tetap berlangsung dalam intensitas tinggi meskipun Choi/Chae menang dalam dua game langsung.

Seluruh tim Korea Selatan langsung spontan memasuki lapangan setelah Choi/Chae memastikan kemenangan. Mereka semua saling berpelukan dan membentuk lingkaran untuk melakukan selebrasi kemenangan yang sudah lama dirindukan. Kemenangan ini membuat Korea Selatan telah menjuarai Piala Sudirman sebanyak empat kali.

Berikut Hasil lengkap Tiongkok vs Korea Selatan:




 


(KAU)