Wiranto Butuh 3 Tahun untuk Cetak Atlet Bulutangkis Kelas Dunia

Dheri Agriesta    •    16 Juni 2017 15:35 WIB
indonesia open super series premier 2017
Wiranto Butuh 3 Tahun untuk Cetak Atlet Bulutangkis Kelas Dunia
Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Wiranto. Foto: Antara/Reno Esnirq

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Wiranto butuh waktu tiga tahun buat mencetak atlet bulutangkis kelas dunia.
 
"Butuh waktu lama, dua sampai tiga tahun, tidak bisa satu atau dua bulan," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 16 Juni 2017.
 
PBSI kini hanya bisa memoles pemain lama. Pemain lama terus ditempa agar memiliki teknik, mental, dan stamina yang mumpuni untuk bertarung di kompetisi internasional. "Ini sedang kita usahakan," kata Wiranto.
 
Wiranto menargetkan prestasi di beberapa kompetisi internasional. Meski, pria yang menjabat sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan ini sadar persaingan perebutan juara sangat ketat.
 
Wiranto mencontohkan, ganda campuran yang mendapatkan emas di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil. Prestasi itu disusul dengan prestasi ganda campuran di All England 2017. Tapi, mempertahankan prestasi sangat sulit.
 
Menurut Wiranto, banyak faktor yang memengaruhi prestasi seorang atlet pada perhelatan internasional. Wiranto meminta publik tak berkecil hati dengan prestasi minor yang didulang atlet bulutangkis Indonesia saat ini.
 
"Saya juga tidak akan salah menyalahkan, kalau sekarang buruk ya tanggung jawab saya, enggak apa-apa, kalau baik ya tolong ada pujian sedikit," kata Wiranto.
 


(FZN)