Indonesia Open 2017

Bulu Tangkis Minim Prestasi, Ini Jawaban Wiranto

Dheri Agriesta    •    16 Juni 2017 14:45 WIB
indonesia open super series premier 2017
Bulu Tangkis Minim Prestasi, Ini Jawaban Wiranto
Ketua Umum PP PBSI Wiranto (kanan) saat upacara pelantikan pengurus PP PBSI Masa bakti 2016-2020 di Jakarta, Kamis (19/1/2017). Antara Foto/Muhammad Adimaja/foc/17.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar atlet bulu tangkis Indonesia mendapatkan hasil minor dalam kompetisi Indonesia Open 2017. Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Wiranto mengatakan organisasi yang ia pimpin sedang berbenah.

"Begini ya, kami kan baru berbenah dalam beberapa bulan saya menjabat ini," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 16 Juni 2017.

Pembenahan di beberapa sektor seperti fasilitas tempat pelatihan nasional (pelatnas). Wiranto menyebut, kondisi fasilitas di pelatnas bulu tangkis sangat buruk.

Klik: Tersingkir, Greysia Ingin Lebih Kompak dengan Apriani

Wiranto tak hanya memerhatikan fasilitas umum pelatnas, tapi juga pelatih, porsi latihan, lingkungan, dan pemondokan. "Itu kan harus dibenahi, dan itu baru kami mulai. Saya kan baru dua bulan membenahi itu," ujar dia.

Saat ini, PBSI belum menemukan bibit baru yang berkualitas. Untuk menghadapi kompetisi, PBSI memutar otak dengan mengotak-atik formasi atlet lama.


Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonathan Christie gagal mengembalikan kok ke arah lawannya Chen Long pada babak kedua BCA Indonesia Open 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (15/6/2017). Antara Foto/Wahyu Putro A/pras/17

Catatan buruk didapat atlet bulut tangkis dalam perhelatan Indonesi Open 2017. Sejumlah pemain unggulan tumbang di tangan lawan, seperti andalan tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa, Sony Dwi Kuncoro, Jonatan Christie, Tommy Sugiarto, dan Anthony Ginting.

Tunggal putri tak lebih baik. Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani harus tumbang. Sederet nama beken di ganda putri kalah, sebut saja Greysia Poli/Apriyani Rahayu dan Della Destiara/Rosyita Eka Putri.

Demikian juga ganda campuran, Praveen Jordan/Debby Susanto dan Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika, juga harus angkat kaki.

Klik: Hasil Lengkap Pebulu Tangkis Indonesia pada Hari Keempat

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Hendra Setiawan/Boon Tan, dari ganda putra juga harus menyerah kepada lawan mereka.

Harapan Indonesia tinggal pada ganda putri Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putra dan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani. Sedagkan ganda putra mengirimkan satu wakil ke babak selanjutnya, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Asa juga diusung pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, pada ganda campuran.


(TRK)