Bulu Tangkis Dunia

Hariyanto Arbi: India Sekarang Masuk Jajaran Elit Bulu Tangkis Dunia

Krisna Octavianus    •    03 November 2017 10:58 WIB
bulu tangkis
Hariyanto Arbi: India Sekarang Masuk Jajaran Elit Bulu Tangkis Dunia
Hariyanto Arbi (Foto: badminton planet)

Metrotvnews.com, Chandigarh: Tiga tahun yang lalu, legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi tiba di Chandigarh, India dia mengatakan India adalah negara berkembang dalam olahraga bulutangkis. Kini, dia menyebut India sebagai salah satu kekuatan bulu tangkis baru di India.

Mantan juara dunia bulu tangkis 1995 itu kini benar-benar berubah pikiran. Dia mengatakan kepada wartawan pada Minggu 29 Oktober di acara penutupan ajang Bulu tangkis SPSC yang diadakan di Chandigarh, bahwa India sekarang merupakan kekuatan baru di bulu tangkis dunia.

BACA: Lewis Hamilton Segera Perpanjang Kontrak Bersama Mercedes

Dia mengatakan hal itu setelah melihat penampilan apik Srikanth Kidambi yang berhasil menjadi juara ajang Super Series sebanyak lima kali. Terbaru, di ajang Prancis Open Super Series 2017.

"Pemain India seperti Kidambi Srikanth dan HS Prannoy menjadi lebih baik setiap hari, teknik dan permainan mereka sangat bagus. Saat ini, olahraga bulu tangkis semakin kompetitif dan kunci sukses adalah mencoba berlatih lebih keras," kata Hariyanto Arbi.

"Memenangi beberapa gelar Super Series pasti akan meningkatkan kepercayaan Srikanth Kidambi dan jika dia terus bermain seperti ini, dia memiliki potensi besar untuk memenangkan medali Olimpiade," lanjutnya.

Di sisi lain, ada nama Pusarla V. Sindhu dan Saina Nehwal yang masih menjadi pebulu tangkis papan atas di sektor tunggal putri. Ini tak lepas dari tangan dingin Pullela Gopichand. Sektor tunggal makin membaik setelah Pullela Gopichand dibantu pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo.

"Sebagai pelatih, Gopichand bekerja sangat keras dan mampu menghasilkan pemain hebat seperti P.V. Sindhu dan Kidambi Srikanth. Selain itu, pelatih Indonesia Mulyo Handoyo juga membuat perbedaan dalam mengubah cara pemain India bersaing di tingkat tertinggi bulutangkis," sambungnya.

"Saat ini, jelas bahwa pemain India juga memiliki keahlian untuk menjadi pemain bulu tangkis elit di dunia untuk waktu yang lama," pungkasnya.

Bisa dibilang perkembangan pesat bulu tangkis India kini membuat mereka sejajar dengan Tiongkok, Indonesia, dan Denmark yang selama ini sebagai poros kekuatan olahraga tepok bulu dunia tersebut. (badmintonplanet)

 


(KRS)