Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018

Langkah Tim Putri Indonesia Terhenti oleh Jepang

A. Firdaus    •    10 Februari 2018 15:31 WIB
bulu tangkis
Langkah Tim Putri Indonesia Terhenti oleh Jepang
Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Foto: PBSI)

Alor Setar: Langkah mengejutkan tim putri Indonesia di Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018 harus terhenti di semifinal. Fitriani dan kawan-kawan takluk 0-3 dari Jepang, Sabtu 10 Februari.

Pada partai pertama, Indonesia menurunkan Fitriani di sektor tunggal putri. Ia menghadapi Akane Yamaguchi yang merupakan tunggal putri andalan Jepang.

Sejatinya, Fitri bermain dengan baik karena mampu mengimbangi permainan Yamaguchi. Bahkan game pertama menjadi milik Fitri karena bisa menang 21-17.

Klik di sini: Masih Ada yang Kurang dari Motor Baru KTM

Sayang, permainan Fitri cenderung merosot karena kerap membuang peluang. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Yamaguchi untuk mengambil game kedua dengan skor 21-13. Hasil tersebut sekaligus membuat keadaan sama kuat 1-1.

"Pertama-tama saya minta maaf untuk tim Indonesia karena saya belum bisa menyumbang angka. Pada game pertama saya mengontrol dan posisi lapangannya juga enak, sehingga pukulan saya akurat tidak terpengaruh angin, justru lawan yang banyak melakukan kesalahan sendiri,” ujar Fitri usai pertandingan.

Sayangnya Fitri gagal mengembalikan performanya seperti pada game pertama, sehingga pada fase penentuan, Yamaguchi yang tampil lebih baik mampu menyudahi game menjadi 21-17.

Klik di sini: Taekwondoin Indonesia Bertemu Wakil Malaysia

“Saya sering ragu-ragu di game kedua, jadi banyak pengembalian yang cock yang keluar. Sebetulnya pertandingan cukup ramai di game ketiga, tapi saya kurang sabar kurang bisa mengatasi situasi. Tegang sih ada, tapi lebih tegang di pertandingan-pertandingan sebelumnya,” tambah Fitri.

Tertinggal 0-1, praktis beban berat dipikul Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang turun di sektor ganda putri menghadapi Matsutomo/Takahashi.

Tak seperti pada laga perempat final kemarin, Greysia/Apriyani yang mampu melepaskan beban. Justru sulit untuk membalikkan keadaan. Mereka harus berjuang selama 88 menit menghadapi wakil Jepang tersebut.  Sialnya, permainan Matsutomo/Takahashi sulit dihentikan, sehingga Greysia/Apriyani menyerah dengan skor 20-22, 21-19, 21-18. Indonesia pun tertinggal 0-2.

Asa Indonesia untuk perpanjang napas coba dilakukan Gregoria Mariska Tunjung. Bertindak sebagai wakil ketiga, setelah Fitriani dan Gresyia/Apriyani, Gregoria mendapat tantangan dari Nozomi Okuhara.

Tapi Gregoria juga harus bekerja keras untuk menghadapi andalan Jepang ini. Skor pun berakhir 5-21 21-19 15-21 untuk kemenangan Jepang, yang berarti Indonesia takluk 3-0. 

Hasil ini membuat Negeri Matahari Terbit itu melaju ke final yang akan berlangsung pada Minggu 11 Februari mendatang. Mereka akan melawan Tiongkok yang sukses menyingkirkan Korea Selatan 3-1.

Hasil Lengkap Semifinal Jepang vs Indonesia:


Bersatunya Korsel dan Korut di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang



(FIR)