PBSI

Tugas Berat Menanti Wiranto

Media Indonesia    •    03 November 2016 08:30 WIB
bulu tangkis
Tugas Berat Menanti Wiranto
Wiranto. (Foto: Ant/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Suksesi di tubuh Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) diharapkan membawa kemajuan bagi olahraga tersebut. Sejumlah mantan atlet dan stakeholder olahraga pun mengungkapkan harapan mereka kepada Wiranto yang terpilih sebagai Ketua Umum PP PBSI periode 2016 --2020.

Mantan Kabid Binpres PP PBSI Rexy Mainaky, misalnya, ia ingin agar Wiranto bisa menjaga regenerasi yang sudah disiapkan pada masa kepemimpinan sebelumnya. "Generasi sekarang harus dibimbing secara mental agar siap secara psikologis untuk berbicara mendatangkan medali emas yang diraih lebih dari sekarang," kata Rexy.

Menurut Rexy, dengan banyaknya target yang dibidik selama empat tahun ke depan, stok pemain tentunya harus lebih baik. Apalagi selain target emas Olimpiade 2020 Tokyo, kepengurusan kali ini juga akan menjadi tuan rumah Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

Baca: Wiranto Tunjuk Tim Formatur untuk Susunan Pengurus PP PBSI


Rexy ingin siapa pun nantinya yang menjadi Kabid Binpres menyadari hal tersebut. Ia sendiri tidak tahu apakah masih akan diminta untuk mengisi jabatan tersebut.

Senada dengan Rexy, peraih emas Olimpiade 1992 Barcelona Susi Susanti ingin Wiranto bisa membawa prestasi bulu tangkis Indonesia lebih naik lagi.
"Hal-hal baik yang Pak Gita hasilkan, saya yakin, tentunya bisa diteruskan Pak Wiranto," kata Susi.

Susi menilai, kepengurusan sebelumnya masih menyisakan pekerjaan rumah terutama soal regenerasi atlet bulu tangkis yang masih kurang. Dia berharap kepengurusan PP PBSI selanjutnya bisa mempercepat regenerasi di beberapa sektor.


Baca: Kata Owi/Butet setelah Diguyur Bonus Rp5 Miliar


"Terutama di sektor tunggal putri, tunggal putra, dan ganda putri yang masih jarang menghasilkan prestasi. Sekarang pembinaan regenerasi atlet bulu tangkis Indonesia sedikit tertinggal dengan Tiongkok dan Thailand. PBSI tentunya harus kerja keras mengatasi ketertinggalan itu," kata dia.

Selain regenerasi, istri Alan Budikusuma berharap PP PBSI bisa meningkatkan lahirnya bibit atlet bulu tangkis dari seluruh Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap Wiranto bisa turun langsung dalam menangani PBSI, tak hanya dari jauh. "Beliau harus tahu bahwa masyarakat Indonesia sangat menunggu peningkatan prestasi bulu tangkis," kata dia, kemarin.

Video: Kemenpora Serahkan Bonus pada Peraih Medali Olimpiade dan Paralimpiade



(ASM)