Bulu Tangkis

Sisi Positif Kegagalan Jonatan Christie di Malaysia

Kautsar Halim    •    07 April 2019 19:03 WIB
bulu tangkis
Sisi Positif Kegagalan Jonatan Christie di Malaysia
Jonatan Christie. (Mohd RASFAN / AFP)

Jonatan Christie merupakan satu-satunya tunggal putra Indonesia yang mampu melaju ke semifinal Malaysia Open 2019. Untuk menuju kesana, dia sukses mengalahkan para pebulu tangkis unggulan.

Kuala Lumpur:
Jonatan Christie memang gagal juara di ajang Malaysia Open 2019. Dia gugur pada semifinal karena kalah dari Chen Long dengan skor 21-12, 10-21 dan 15-21. 

Jonatan mungkin kecewa dengan kegagalan tersebut. Tapi banyak pelajaran yang bisa dipetik, termasuk peningkatan mentalitas bertanding dan analisa kekuatan lawan.

Tahap demi tahap dilalui Jonatan sebelum menginjak semifinal Malaysia Open 2019. Lepas dari Brice Leverdez (Perancis), Jonatan langsung mengalahkan tunggal putra ranking satu dunia, Kento Momota (Jepang).
 

Klik: Chen Long Masih Terlalu Tangguh untuk Jonatan Christie


Pada perempat final, Jonatan berhasil menaklukkan mantan tunggal putra terbaik dunia asal Denmark, Viktor Axelsen. Kemenangan ini jarang terjadi karena Jonatan selalu kalah dalam dua pertemuan sebelumnya.

Menurut Jonatan, dia jadi lebih percaya diri meskipun tersingkir dari semifinal Malaysia Open 2019. Suasana hati seperti ini bakal bermanfaat untuk mengarungi Singapore Open 2019 pada pekan depan.
 

Klik: Evaluasi Tontowi/Winny atas Kegagalan di Malaysia Open 2019


“Berhadapan dengan Momota, Axelsen dan Chen Long membuat saya sedikit lebih percaya diri. Itu akan menjadi modal saya ke Singapore Open," ujar Jonatan seperti dikutip dari rilis Humas PBSI.

"Tapi yang terpenting, saya ingin mengembalikan stamina agar bisa tampil maksimal. Harapannya, bisa tampil seperti di sini (Malaysia Open 2019) dan bahkan lebih baik lagi," tambahnya.

Jonatan menjadi salah satu tunggal putra Indonesia yang berjuang di Singapore Open 2019. Selain dia, masih ada Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa dan Shesar Hiren Rhustavito. 





(KAU)