Sudirman Cup 2017

Tiongkok Susul Korea Selatan ke Final Piala Sudirman

Kautsar Halim    •    27 Mei 2017 23:20 WIB
bulu tangkis
Tiongkok Susul Korea Selatan ke Final Piala Sudirman
Selebrasi kemenangan ganda putri Jepang, Chen Qingchen/Jia Yifan. (AFP PHOTO / Patrick HAMILTON)

Metrotvnews.com, Gold Coast: Tiongkok berhasil menaklukkan Jepang pada semifinal Piala Sudirman 2017 yang berlangsung di Carrara Sport dan Leisure Centre, Sabtu 27 Mei. Kemenangan itu mengantarkan mereka ke final untuk bertemu dengan Korea Selatan yang pernah tiga kali menjadi juara (1991, 1993, dan 2003). 

Meski berstatus sebagai negara tersukses di ajang Sudirman Cup, Tiongkok tetap kesulitan untuk menaklukkan Jepang. Tiap partai pertandingan berjalan ketat dan butuh lima laga untuk memastikan kemenangan dengan skor 3-2. Selain itu, kemenangan Tiongkok yang berada di depan mata juga sempat digagalkan pada partai keempat.


Klik: Comeback Sial Button di F1


Yuta Watanabe/Arisa Higashino berhasil membawa Jepang unggul lebih dulu ketika memainkan nomor ganda campuran pada partai pertama. Kemenangan itu sangat spesial karena didapat setelah berhadapan dengan Zheng Siwei/Chen Qingchen yang merupakan ganda campuran terbaik dunia.  Tidak terima tertinggal, Tiongkok langsung tampil agresif saat memainkan dua partai selanjutnya. Mereka menurunkan Lin Dan untuk menghadapi Kenta Nishimoto di nomor tunggal putra, dan mempercayakan Li Junhui/Liu Yuchen untuk berhadapan dengan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di sektor ganda putra.

Benar saja, Tiongkok langsung berbalik unggul 2-1 ketika memainkan dua laga tersebut. Jepang gagal memberikan perlawanan terbaik karena masing-masing laga kontra pemain top dunia itu bisa diselesaikan dengan skor straight game.


Klik: Kondisi Membaik, Valentino Rossi Keluar dari Rumah Sakit


Ketika hanya butuh satu poin lagi untuk menutup pertandingan, Tiongkok malah takluk pada partai keempat yang mempertemukan tunggal putri Sun Yu dengan Akane Yamaguchi. Jalannya pertandingan berlangsung menarik karena Akane yang berpostur pendek punya semangat dan kemampuan lebih besar ketimbang Sun Yu yang bertubuh tinggi. Skor menjadi 2-2 karena kemenangan Akane. 

Kejutan kembali tercipta saat laga dilanjutkan ke partai kelima yang memainkan nomor ganda putri. Saat itu, Jepang yang menurunkan pasangan terbaik dunia Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi malah kalah oleh wakil Tiongkok yang baru berusia 19 tahun, yakni Chen Qingchen/Jia Yifan.

Meski kalah, Jepang sudah menunjukkan perkembangan yang positif. Pasalnya, mereka sempat dikalahkan Tiongkok dengan skor 0-3 ketika bentrok pada final Piala Sudirman 2015 di Dongguan. Tiongkok memang sulit terkalahkan karena sudah 10 kali keluar sebagai juara.

Selanjutnya, Tiongkok akan menghadapi Korea Selatan di final. Laga keduanya bakal sengit karena mereka sama-sama tim tersukses di sepanjang sejarah penyelenggaraan Sudirman Cup sejak 1989 silam. Meski begitu, Korsel hanya mampu menang sekali dari empat pertemuan dengan Tiongkok di final.

Berikut hasil lengkap semifinal antara Tiongkok vs Jepang:

Ganda Campuran
Zheng Siwei/ Chen Qingchen (Tiongkok)
    vs      12-21, 21-14, 19-21
Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)

Tunggal Putra
Lin Dan (Tiongkok)
     vs   21-19, 21 16
Kenta Nishimoto (Jepang)

Ganda Putra
Li Junhui/Liu Yuchen (Tiongkok)
           vs    23-21, 21-16 
Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang)

Tunggal Putri
Sun Yu (Tiongkok)
   vs   17-21, 15-21
Akane Yamaguchi (Jepang)

Ganda Putri
Chen Qingchen/Jia Yifan
    vs    21-12, 21 19
Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi



(KAU)