Japan Open Super Series 2017

Greysia/Apriani Ditekuk Ganda Putri Terbaik Dunia

Kautsar Halim    •    21 September 2017 22:36 WIB
bulu tangkis
Greysia/Apriani Ditekuk Ganda Putri Terbaik Dunia
Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriani Rahayu. (Foto: Humas PBSI)

Metrotvnews.com, Tokyo: Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriani Rahayu belum bisa berbicara banyak di ajang Japan Open Super Series 2017. Mereka harus pulang lebih cepat lantaran ditaklukkan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi pada babak kedua, Kamis 21 September.

Greysia/Apriani ditaklukkan Misaki/Ayaka dengan skor 15-21, 21-12 dan 15-21. Hasil tersebut sudah lebih baik karena wakil Jepang itu sempat menundukkan Greysia/Apriani di ajang Korea Open Super Series pada pekan lalu dengan skor telak, 21-15 dan 21-13.

Menanggapi hasil negatifnya kali ini, Greysia/Apriani mengaku tidak terlalu kecewa dengan penampilannya. Keduanya tetap semringah karena berhasil memberikan perlawanan terbaik dengan mencuri kemenangan pada game kedua.

“Kami sudah bisa mengeluarkan semua permainan dengan baik pada pertandingan tadi. Tapi, mereka (Misaki/Ayaka) memang bukan lawan mudah karena kaya pengalaman dan gelar juara. Tapi kami juga mampu bersaing dalam segi semangat dan mental bertanding," tambahnya.

Setelah kalah pada game pertama, Greysia/Apriani  berhasil mencuri kemenangan pada game kedua dengan skor, 21-12. Menurut Greysia, ia bersama Apriani mampu tampil lebih percaya diri karena didukung kondisi angin yang berembus di sekitar venue Tokyo Metropolitan Gymnasium.


Klik: Dovizioso Yakin Bisa Bersaing di Semua Trek


Tren positif pada game kedua gagal terulang ketika memainkan game ketiga karena Ayaka/Misaki berhasil membaca permainan Greysia/Apriani dengan baik. Selain itu, kondisi menang angin yang tadinya milik Greysia/Apriana juga tidak bisa dimiliki sepenuhnya karena harus berpindah tempat.

“Kami sudah terlalu tertekan pada awal game ketiga. Kemudian, lapangan mereka sedikit menang angin dan jadi lebih percaya diri untuk menyerang. Sama halnya ketika kami unggul di game kedua,” ujar Greysia.

“Secara strategi, kami sudah tertekan lebih dulu saat memainkan game ketiga. Kondisi itulah yang akhirnya membuat mental dan pikiran kami mengalami kebuntuan," tambahnya.


Klik: Hendra/Tan Tersingkir di Babak Kedua


Dengan berakhirnya laga babak kedua, artinya Greysia/Apriani sudah dua kali bentrok dan dua kali kalah dengan Misaki/Ayaka. Secara di atas kertas, Misaki/Ayaka memang jauh lebih unggul karena berstatus sebagai ganda putri terbaik dunia dan juara Olimpiade 2016. Menanggapi itu, Apriani mengaku masih harus menggali pengalaman.

“Saya memang belum berpengalaman seperti kakak Greysia. Jadi, Apri akan banyak belajar mengubah pola permainan dan beradaptasi dengan cepat saat pertandingan selanjutnya," tutup Apriani.

Greysia/Apriani merupakan satu-satunya wakil ganda putri Indonesia di ajang Japan Open Super Series 2017. Dengan kekalahan yang baru saja diterima keduanya, artinya wakil ganda putri Indonesia tidak ada yang tersisa pada fase berikutnya.

 


(KAU)