Jelang SEA Games 2017

Susi Susanti Tanggapi Hasil Undian Bulu Tangkis di SEA Games

Kautsar Halim    •    10 Juli 2017 17:35 WIB
bulu tangkissea games 2017
Susi Susanti Tanggapi Hasil Undian Bulu Tangkis di SEA Games
Ganda putri Indonesia Greysia Polii (kkanan) dan Apriyani Rahayu (kiri) jadi andalan di beregu putri. (Foto: Ant/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Susi Susanti optimistis tim bulu tangkis Indonesia bisa mencuri medali emas dari nomor beregu putra dan putri di ajang SEA Games 2017. 

Berdasarkan hasil undian, tim putra Indonesia yang merupakan juara bertahan, berada di urutan teratas daftar unggulan. Mereka akan berhadapan dengan Kamboja di perempat final dan berpeluang bertemu Thailand atau Vietnam pada semifinal. 

Sementara itu di pool bawah, Malaysia yang merupakan unggulan kedua akan berhadapan dengan Laos. Langkah Malaysia ke final tampaknya cukup terbuka, karena tinggal menanti pemenang antara Singapura dan Myanmar yang saling bertanding di semifinal.

Untuk nomor beregu putri, tim Indonesia yang merupakan unggulan kedua bakal berhadapan dengan Laos. Di semifinal, kemungkinan besar Indonesia akan menantang tim tuan rumah Malaysia. 

Di sisi lain, Thailand yang merupakan juara bertahan sekaligus unggulan pertama bisa sedikit diuntungkan karena mendapat bye pada babak perempat final. Dengan begitu, Thailand tinggal menunggu pemenang antara Singapura dan Vietnam yang bakal bertanding di semifinal.

Baca: Tim Bulu Tangkis Junior Indonesia Ditarget Tembus Semifinal


“Kami siap ketemu siapa saja. Kalau memang mau menang, harus bisa mengalahkan semuanya. Kami harus kerja keras dan fokus. Kans kami cukup besar di beregu putra. Kami memang membidik emas dari nomor itu," kata Susi dalam rilis Humas PBSI.

“Tim putri Indonesia kemungkinan bertemu Malaysia di semifinal dan Thailand di final. Peluang bertemu Malaysia memang lebih besar ketimbang ketemu Thailand. Jika bertemu Thailand di final, peluangnya 51-49 untuk keunggulan Thailand. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kita bisa menang,” tambahnya.

“Saya berharap cukup besar dengan Greysia Polii/Apriani Rahayu yang baru menjuarai Thailand Grand Prix Gold 2017. Selain itu, ganda putri kita juga sempat mengalahkan beberapa ganda putri Thailand lainnya. Ini tentu bisa menambah kepercayaan diri," lanjut wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI tersebut.

Baca: Misbun Sidek: Lee Chong Wei dalam Performa Terbaik


Tim bulu tangkis Indonesia menargetkan tiga medali emas dari ajang SEA Games 2017. Menurut Susi yang juga manajer tim di SEA Games, itu bukan hal yang mustahil jika melirik pencapaian empat nomor yang diandalkan, yakni beregu putra, ganda putra, ganda campuran dan ganda putri.

Penyelenggaraan SEA Games 2017 yang bersamaan dengan World Championships 2017 membuat tim bulu tangkis Indonesia membelah kekuatan. Pemain top seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang dua tahun lalu meraih perak di SEA Games Singapura 2015, kali ini absen dan berlaga di World Championships 2017.

Video: Drawing Bulu Tangkis Beregu SEA Games 2017



(ASM)