Jelang Indonesia Masters 2018

Istora 98 Persen Siap Helat Indonesia Masters 2018

Kautsar Halim    •    22 Januari 2018 19:47 WIB
bulu tangkis
Istora 98 Persen Siap Helat Indonesia Masters 2018
Achmat Budiharto-Medcom.id/Kautsar Haljm

Jakarta: Istora Gelora Bung Karno sudah siap menjadi tuan rumah event bulu tangkis bergengsi, Indonesia Masters 2018. Buktinya, renovasi infrastruktur Istora hampir rampung dan secara bergantian sudah dilakukan uji coba lapangan oleh para peserta yang merupakan bintang dunia.

Achmad Budiharto selaku Ketua Panitia Pelaksana Indonesia Masters 2018 menjelaskan, proses renovasi Istora sudah mencapai 98 persen. Tinggal melakukan polesan akhir seperti pengaspalan jalan dan menyetel cahaya lampu serta pendingin udara (AC).

"Kalau lapangan sudah siap 100 persen. Sistem penerangan sudah dicoba dengan baik dan AC juga sudah diatur semampu kami," ujar Achmad dalam jumpa pers jelang turnamen di Hotel Sultan, Jakarta, Senin 22 Januari 2018.

Baca juga: Daftar Para Unggulan di Indonesia Masters 2018

Renovasi Istora dilakukan sejak pertengahan 2016 lalu. Penyelesaiannya memang terus digeber pada awal tahun ini. Pasalnya Istora bakal menjadi tuan rumah event bulu tangkis level atas lainnya, seperti Asian Games dan Indonesia Open dalam beberapa bulan mendatang.

"Jadi di sisi lain, Indonesia Masters juga bakal menjadi sarana persiapan venue untuk event yang lebih bergengsi lainnya," tutur Achmad.

Selain wajah Istora yang diubah, Indonesia Masters 2018 juga bakal berbeda karena kelasnya dinaikkan menjadi grade empat atau setara dengan event Superseries. Hadiahnya ditingkatkan menjadi USD350 ribu dan sejumlah pesertanya adalah pebulu tangkis ranking 10 besar dunia.

Baca juga: Usai Direnovasi, PBSI Berharap Istora tak Bocor Lagi

Di tunggal putra misalnya, nama-nama seperti Srikanth Kidambi (India), Victor Axelsen (Denmark), Chen Long (Tiongkok) ikutan mendaftar. Sementara dari tunggal putri, ada Carolina Marin (Spanyol), Pusarla V. Sindhu, Tai Tzu Ying (Taiwan), dan Sung Ji Hyun (Korea Selatan).

Sementara di sektor ganda putra akan turut hadir Li Junhui/Liu Yuchen (Tiongkok), Liu Cheng/Zhang Nan (Tiongkok), Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding (Denmark). Kemudian dari ganda putrinya terdapat Chen Qingchen/Jia Yifan (Tiongkok), Ayaka Takahashi/Misaki Matsumoto (Jepang), dan Christina Pedersen/Kamilla Rytter Juhl (Denmark).  

Indonesia Masters 2018 dijadwalkan bergulir pada 23-28 Januari. Pertandingan perdana pada hari pertama sudah bisa disaksikan sejak pukul 10.00 WIB. Bagi pencinta bulu tangkis yang tertarik menyaksikan, bisa datang langsung ke Istora dan membayar harga tiket masuk yang dipatok dari Rp25 ribu hingga Rp300 ribu.

Tak ingin ketinggalan berita seputar olahraga? Follow instagram kami @medcom_bola

Video: Fajar/Rian Juara Malaysia Masters 2018
 


(RIZ)