Indonesia Masters 2019

Kalah di Final, Tontowi/Liliyana Tetap Puas

Kautsar Halim    •    27 Januari 2019 19:28 WIB
indonesia masters
Kalah di Final, Tontowi/Liliyana Tetap Puas
Liliyana Natsir (kiri) dan Tontowi Ahmad (Humas PBSI)

Owi/Butet mengakui keunggulan Zheng/Huang. Meski kalah, mereka bangga bisa menyulitkan Zheng/Huang yang merupakan ganda campuran nomor satu dunia.

Jakarta
: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tidak terlalu kecewa dengan kegagalannya merebut gelar ganda campuran Indonesia Masters 2019. Mereka tetap puas karena sudah tampil maksimal dan bisa merepotkan lawan.

Adalah Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang menjadi lawan Tontowi/Liliyana pada fase final, Minggu 27 Januari. Wakil Tiongkok yang berstatus ganda campuran terbaik dunia ini menang dengan skor 19-21, 21-19 dan 21-16.

Sesuai dengan skor yang tertera, jalannya pertandingan memang berlangsung sengit. Tontowi/Liliyana yang tergolong pebulu tangkis veteran Indonesia masih mampu merebut game pertama dengan baik.

Owi/Butet--sapaan Tontowi/Liliyana juga tampil menyerang dan unggul 18-14 saat memainkan game kedua. Namun, Zheng/Huang yang berusia lebih muda langsung bangkit untuk mengejarnya hingga keadaan pun berbalik.

Tidak banyak yang bisa dilakukan Owi/Butet ketika memainkan game ketiga. Permainan mereka tampak makin mudah dibaca dan sering melakukan kesalahan sendiri juga. Kejar mengejar poin hanya terjadi hingga skor 3-3, sebelum akhirnya poin Zheng/Huang tak terkejar untuk menutup laga.


Baca juga: Takluk di Final, Perpisahan Butet Ternodai


"Kami memang melakukan kesalahan ketika game kedua. Tapi saya tetap puas karena artinya kami yang berusia matang masih bisa menyulitkan ranking satu dunia hingga akhir laga," ujar Liliyana dalam jumpa pers seusai laga.

"Pendukung juga sangat luar biasa dalam pertandingan tadi. Saking besarnya dukungan mereka, komunikasi saya dengan Owi di lapangan jadi kurang terdengar. Tapi, itu juga yang bikin pasangan Tiongkok gugup pada game pertama," tambahnya.

"Dari segi ranking, umur dan kecepatan, lawan memang lebih unggul dari kami. Kemudian, persiapan juga kurang baik karena sudah jarang latihan. Jadi, bisa menyulitkan lawan seperti tadi sudah hasil yang bagus buat saya," lanjut Liliyana yang memasuki usia 34 tahun.

Liliyana tidak lagi menjadi pebulu tangkis profesional setelah event Indonesia Masters 2019. Dia memilih pensiun karena usianya tidak muda lagi dan banyak sisi kehidupan lain yang ditinggalkan selama 24 tahun berkarier di dunia bulu tangkis.

Video: Jalur Profesional Duet Ahsan/Hendra

 


(KAU)