PBSI

Kombinasi Senior-Junior di Pelatnas Bulu Tangkis SEA Games 2019

A. Firdaus    •    27 November 2018 10:22 WIB
bulu tangkis
Kombinasi Senior-Junior di Pelatnas Bulu Tangkis SEA Games 2019
Ganda putra Indonesia Fajar/Rian (Foto: Humas PBSI)

Jakarta: Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan menggelar pemusatan latihan nasional sebagai persiapan SEA Games 2019. Nantinya, PBSI akan memadukan kombinasi senior-junior pada tim SEA Games bulu tangkis Indonesia.

Pernyataan itu dilontarkan langsung oleh Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto. Menurunya penerapan tersebut tak lepas dari program regenerasi dan target medali.

"Kami memang berencana menggabungkan pemain-pemain senior dan junior. Pemain senior yang ikut SEA Games bukan pemain yang akan ikut kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020," ujar Budiharto.

Lebih lanjut, keterlibatan sebagian atlet senior pada pelatnas PBSI dalam tim SEA Games 2019 tak lain karena, bulu tangkis sebagai cabang lumbung medali bagi Kontingen Merah-Putih.

"Pemerintah tentu masih berharap kami meraih medali sebanyak mungkin. Bulu tangkis menjadi salah satu cabang yang diunggulkan pemerintah untuk mendapatkan medali," sambungnya.

Proses jangka panjang juga menjadi alasan PBSI mengikutsertakan pemain muda. Sebab, pemain-pemain tersebut akan menjadi tumpuan Indonesia dalam berbagai kejuaraan internasional.

"Tahun depan menjadi tahun krusial bagi kami karena kami harus menyiapkan atlet-atlet yang akan mengikuti kualifikasi Ollimpade 2020 selain tim SEA Games," tuturnya.

Selain SEA Games dan Olimpiade 2020, cabang bulu tangkis Indonesia juga akan menyiapkan tim yang akan turun dalam kejuaraan beregu Piala Sudirman 2019 di Nanning, Tiongkok, pada 19-26 Mei. (Ant)

Fajar/Rian Raih Gelar Turnamen Syed Modi International 2018



(FIR)