Indonesia Masters 2019 jadi Turnamen Terakhir Liliyana Natsir

Kautsar Halim    •    27 November 2018 17:51 WIB
bulu tangkis
Indonesia Masters 2019 jadi Turnamen Terakhir Liliyana Natsir
Liliyana Natsir. (Foto: Medcom.id/Zam)

Jakarta: Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir, memastikan diri bakal gantung raket seusai perhelatan Indonesia Master yang bergulir pada awal tahun depan. Saat itu, dia masih tampil berpasangan dengan Tontowi Ahmad.

Sebelumnya, Liliyana sempat berencana untuk pensiun pada akhir 2018. Namun, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) masih memerlukan kontribusi Liliyana/Tontowi di ajang Indonesia Masters 2019. 

"Saya tidak berpikir tampil di Indonesia Masters sebagai turnamen terakhir. Tapi, hasil diskusi dengan pelatih dan tim PBSI memutuskan bahwa saya dan Owi akan tampil terakhir kali di Istora," kata Liliyana dalam keterangan tertulis PBSI, Selasa (27/11/2018).

Klik: Atlet Senam Indonesia Raih Prestasi Membanggakan di Jerman

Indonesia Masters 2019 dijadwalkan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta selama seminggu (22-27 Januari). Turnamen itu berlevel Super 500 dan memiliki total hadiah sebesar USD350 ribu (sekitar Rp5 miliar). 

Meski keputusan PBSI di luar keinginannya, Liliyana yang biasa dipanggil Butet tetap bertekad mempersembahkan yang terbaik bersama Tontowi. Kendati demikian, dia juga menyadari jika persaingan di sektor ganda campuran semakin tinggi.

Klik: Kombinasi Senior-Junior di Pelatnas Bulu Tangkis SEA Games 2019

"Tentu saya ingin memberikan penampilan terbaik pada penutup karir saya. Tapi, persaingan saat ini semakin ketat dan sudah ada pemain-pemain muda yang tampil bagus," tutup Butet yang kini berusia 33 tahun. 

Berbagai prestasi apik telah dipersembahkan Liliyana ketika berpasangan dengan Tontowi sejak 2010 silam. Beberapa di antaranya menyabet emas Olimpiade 2016 dan menang tiga kali secara beruntun di event All England yang merupakan turnamen bulu tangkis tertua. 
  



(KAU)