Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2017

Sektor Tunggal Putri Berpeluang Raih Gelar Juara Dunia

Krisna Octavianus    •    21 Oktober 2017 20:38 WIB
bulu tangkis
Sektor Tunggal Putri Berpeluang Raih Gelar Juara Dunia
Gregoria Mariska Tunjung (Foto: PBSI)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Satu tiket final di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2017 juga berhasil direbut wakil Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung dari sektor tunggal putri. Dia merebut kemenangan menuju partai puncak dengan mengalahkan  Cai Yanyan asal Tiongkok lewat tiga game ketat 22-20, 13-21, dan 21-18.

Sebelumnya, tiket final sudah diamankan oleh dua pasangan ganda campuran, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang menciptakan All Indonesia Final.

Pada game pertama, Gregoria yang unggul 6-2 sempat balik tertinggal dari Cai menjadi 12-16. Namun kemudian, Gregoria merebut tujuh angka berikutnya untuk kembali memimpin 19-16 hingga akhirnya menang 22-20.

"Game pertama saya terikut polanya lawan. Bukannya mengubah pola tapi saya malah terbawa. Baru akhirnya saya mengubah poin menjadi cepat, lawan jadi enggak enak sendiri di lapangan,” ujar Gregoria.

Masuk game kedua, Gregoria membuka peluang setelah memimpin 6-4 di awal. Sayang setelahnya, Gregoria justru tertekan lawan dan tak mampu mengatasi ketertinggalannya. Ia kalah 13-21 di game kedua.

Pada game penentu, posisi poin Gregoria terus berada di bawah lawan, 4-9 dan 8-12. Titik balik penampilan Gregoria terjadi setelah ia mencapai poin 12-12. Tunggal putri besutan klub Mutiara Bandung ini melaju secara perlahan hingga akhirnya menang 21-18.

"Di game ketiga saya enggak mikir apa-apa. Main maksimal saja karena belum berakhir. Saya berpikirnya cuma enggak mau kasih poin mudah saja ke lawan," sambungnya lagi.

Ini merupakan pertemuan kedua Gregoria dengan Cai di lapangan pertandingan. Sebelumnya di  Asia Junior Championships 2016, Gregoria menang dengan skor 19-21, 21-19 dan 21-16.

Di babak final, Gregoria akan berhadapan dengan pemain Tiongkok lainnya, Han Yue. Han Yue melaju setelah mengalahkan Goh Jin Wei asal Malaysia dengan skor meyakinkan 21-9 dan 21-10.

"Sebelumnya sudah pernah ketemu di beregu. Tapi dia pasti sudah mempelajari saya. Jadi buat besok siap capek dan main seperti hari ini. Masalah kekuatan di lapangan kemungkinan lebih kuat pemain yang hari ini (Cai Yanyan),” ujar Gregoria.

Pada pertandingan beregu Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2017, pekan lalu, Gregoria menang dua game langsung 21-17 dan 21-17. (PBSI)

 


(KRS)