Tontowi Ahmad Siap Bimbing Pasangan Barunya

Riyan Ferdianto    •    05 September 2018 12:13 WIB
bulu tangkis
Tontowi Ahmad Siap Bimbing Pasangan Barunya
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (Foto: ANTARA /INASGOC/Nafielah Mahmudah)

Jakarta: Atlet bulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, mengaku tidak terbebani jika harus berpasangan dengan dengan atlet pratama, Winny Oktavina Kandow. Ia lebih memilih menikmati pertandingan ketimbang menjadikan tantangan baru itu sebagai beban. 

"Mudah-mudahan kami dapat memberikan hasil terbaik. Saya bisa membimbing Winny. Saya tidak ingin memberikan tekanan kepada dia. Kami ingin menikmati permainan," kata Tontowi yang biasa dipanggil Owi.

Owi yang sebelumnya berpasangan dengan Liliyana Natsir akan berduet dengan Winny di ajang Chinese Taipei Terbuka pada 3-7 Oktober 2018. Event tersebut merupakan turnamen internasional pertama bagi Owi dan Winny.

Menyambut event tersebut, Owi yang berasal dari klub PB Djarum tidak putus komunikasi dengan Liliyana. Ia bahkan masih saling bertukar pikiran agar bisa makin klop dengan Winny.

"Setiap hari, kami masih bertemu dan saya juga minta nasehat dari Cik Butet (sapaan Liliyana) meskipun kami sudah tidak berpasangan lagi," ujar Owi.

Klik di sini: Asian Para Games 2018: 41 Negara, 18 Cabor & 568 Emas Diperebutkan

Liliyana turut merespons positif keputusan PBSI yang lebih memilih untuk memamasangkan Tontowi dengan Winny. Menurut dia, Owi memang punya kapasitas untuk membimbing pemain muda.

"Sekarang saatnya Owi membimbing pemain muda. Saya rasa Owi dapat memposisikan diri sebagai senior dan dapat membimbing pemain muda," kata Liliyana.

PBSI tidak sembarangan mengambil keputusan untuk memasangkan Tontowi dengan Winny. Richard Mainaky selaku pelatih ganda campuran Indonesia sempat mengatakan bahwa keputusan itu sengaja diambil karena Winny punya potensi luar biasa di masa mendatang.

"Saya sudah diskusi bersama Nova, saya lihat Winny di pratama punya
kelebihan-kelebihan seperti power nya bagus, antisipasi bola bagus, pintar dan masih muda," papar Richard.

Segudang prestasi sudah diraih Tontowi ketika masih berpasangan dengan Liliyana. Beberapa di antaranya adalah menjadi ganda campuran terbaik dunia serta juara tiga kali secara beruntun di ajang All England. Namun, Liliyana memutuskan gantung raket seusai penyelenggaraan Asian Games 2018.

 


(KAU)