Bulu Tangkis

Kata Pelatih Soal Kebangkitan Tunggal Putra

Rendy Renuki H    •    27 September 2017 23:56 WIB
bulu tangkis
Kata Pelatih Soal Kebangkitan Tunggal Putra
Anthony Sinisuka GInting (AFP PHOTO / JUNG Yeon-Je)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tunggal putra Indonesia mulai mengalami kebangkitan saat ini. Puncaknya di ajang Korea Open 2017 di mana tunggal putra menciptakan All Indonesian Final antara Anthony Sinisuka Ginting melawan Jonatan Christie.

Final tersebut tungga putra itu akhirnya dimenangkan Jonatan dengan skor 21-13, 19-21, dan 22-20. Pelatih tunggal putra Hendry Saputra pun membeberkan kunci sektor tunggal bisa kembali meraih hasil maksimal.

"Kalau ditanya resep sih tidak ada ya, tetapi kalau target ada. Saya rasa hampir semua pelatih punya pemikiran yang sama, kalau hasil itu tergantung dari persiapan. Kedua, motivasi dan ambisi atlet untuk bisa berprestasi. Sampai bisa all Indonesian final, itu berkat dari Tuhan," ucap Hendry dilansir Badmintonindonesia.org.

(Baca: Marcus/Kevin kembali Tempati Peringkat Satu Dunia)

 
Ia pun menuturkan jika persiapan tunggal putra bukan tanpa masalah. Hendry menuturkan jika kelemahan yang terdapat di sektor yang sempat membuat Indonesia ditakuti dunia itu terletak di ketahahan fisik.

"Hasil evaluasi dari beberapa pertandingan sebelumnya, salah satu penyebab kekalahan adalah soal fisik. Kami telusuri lagi, bagaimana ketahanan, endurance mereka? Kami sudah pelajari itu dan dari Beep Test hasilnya di angka 14-15, ini sudah termasuk bagus. Bahkan Ihsan bisa sampai lebih dari 15," tuturnya.
 
"Dari segi teknik pun sudah oke. Misalnya dari permainan di depan net, dulu tidak ada variasinya. Kalau dari belakang, baseline, yang dulu tidak loncat, tidak bisa gunakan serangan, sekarang ada variasinya dan ada serangannya. Contohnya seperti itu," sambung Hendry.

Sayang kesuksesan tunggal putra di Korea Open tak mampu terulang di ajang Jepang Open Super Series 2017. Jonatan dan Anthony langsung terhenti di putaran pertama oleh para lawannya.

Hasil terbaik tunggal putra di Jepang Open diraih oleh Tommy Sugiarto. Namun, Tommy pun akhrinya terhenti di putaran kedua oleh Lee Chong Wei yang menjadi finalis turnamen tersebut.

Video: Pembalap Kuwait Juara Etape 1 Tour de Banyuwangi Ijen 2017
 


(REN)