Yonex-Sunrise Doubles Special Championship 2017

Tekad Kuat Candra Wijaya Pertahankan Prestasi Bulu Tangkis Indonesia

Gregah Nurikhsani Estuning    •    19 Desember 2017 21:21 WIB
bulu tangkis
Tekad Kuat Candra Wijaya Pertahankan Prestasi Bulu Tangkis Indonesia
Candra Wijaya dan Menpora Imam Nahrawi saat memberikan penghargaan kepada ganda putra terbaik dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: MTVN/Gregah Nurikhsani)

Jakarta: Komitmen kuat mempertahankan tradisi dan prestasi bulu tangkis Indonesia, khususnya sektor ganda diutarakan Candra Wijaya. Salah satunya adalah dengan membangun venue international dan turnamen berkelanjutan dengan spesialisasi khusus.

Pada Selasa 19 Desember 2017 di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, sebuah hall bulu tangkis Candra Wijaya International Badminton Centre (CWIBC) diresmikan oleh Menpora Imam Nahrawi.

Di saat bersamaan, berlangsung pula turnamen Yonex-Sunrise Doubles Special Championships 2017. Ini merupakan turnamen khusus yang mempertandingkan sektor ganda.

"Perlu saya tekankan, bukan saya diskriminasi, tapi saya menilai dibutuhkan spesialisasi, sama seperti kata Pak Menpora bilang, ya ganda putra, ganda putri, ganda campuran. Jadi saya yakin, turnamen spesialisasi seperti ini bisa mendongkrak prestasi secara kontinyu," kata peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000.
 

Baca: Pemerintah Berjanji Terus Apresiasi Legenda Olahraga Nasional


Saat ini, prestasi sektor ganda terbilang sedang naik daun. Di ganda putra ada Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, sektor ganda putri ada Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan campuran ada nama pasangan fenomenal Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Candra melihat momen ini dalam dua sudut pandang berbeda. Ia ingin mempertahankan prestise sektor ganda lewat turnamen yang ia jalankan, tapi di saat bersamaan ia juga terpacu untuk menyenggol prestasi sektor tunggal.

"Dulu kan prestise tunggal dengan ganda jauh sekali. Sekarang, bisa kita lihat, kebanggaan kita ada pada Kevin/Gideon, lagi-lagi Owi/Butet, lalu ada Gresyia/Apriyani. Nantinya saya optimistis ganda yang lain juga muncul," ucapnya.
 

Baca juga: Marcus Gideon Segera Lepas Masa Lajang
 

"Makanya apa yang saya lakukan ini bisa memotivasi tunggal putra dan putri bangkit. Salah satunya kan untuk memacu juga, sekarang ada Hariyanto Arbi juga yang melakukan kan, yang spesifik membenahi tunggal putra," sambungnya lagi.

"Apa yang saya perlihatkan dengan turnamen ini, yang bisa semua orang di sini saksikan menggambarkan kecintaan atau kesungguhan visi misi saya mempertahankan dan melestarikan prestasi bulu tangkis Indonesia," pungkas pria kelahiran 1975 itu.

Video: Kevin/Marcus Disambut Meriah Saat Tiba di Bandara Soetta
 




(ACF)